Singapura Hancurkan Gading Gajah Ilegah Sebanyak 8 Ton

Pertanianku – Singapura beberapa hari lalu menghancurkan dan membakar hampir 8 ton gading gajah yang disita selama dua tahun terakhir untuk membuat para penyelundup jera, sementara aktivis meminta penegakan hukum yang lebih ketat.

Singapura Hancurkan Gading Gajah Ilegah Sebanyak 8 Ton

Lebih dari 2.700 gading gajah seberat 7,9 ton dimasukkan ke mesin penghancur sebelum dibakar. Itu adalah pertama kalinya gading sitaan dihancurkan di Singapura, kata Otoritas Makanan Pertanian dan Peternakan (Agri-Food and Veterinary Authority/AVA). Penyitaan sebelumnya dikembalikan ke negara asal, didonasikan ke museum atau disimpan untuk pendidikan.

Loading...

Gading yang diperkirakan bernilai 13 juta dolar Singapura sekitar Rp127,4 miliar disita dalam empat kesempatan terpisah antara Januari 2014 hingga Desember 2015. Pada Mei 2015 sekitar 2.000 gading ditemukan tersembunyi dalam pengiriman daun teh dari Kenya.

“Penghancuran gading secara publik mengirimkan pesan kuat bahwa Singapura mengecam perdagangan hewan liar ilegal. Dengan menghancurkan gading ini, kami memastikan itu tidak akan masuk kembali ke pasar gading, kata Desmond Lee, pejabat Kementerian Dalam Negeri dan Pembangunan Nasional. Seperti dilansir dari Antaranews (15/6).

Singapura bisa lebih ketat lagi dalam menegakkan undang-undang antiperdagangan barang terlarang, kata direktur komunikasi WWF-Singapura Kim Stengert.

Baca Juga:  Polandia Beri Julukan “The Black Gold” untuk Kopi Indonesia
Loading...
Loading...