Singkat dan Mudah Kecambahkan Taoge

PertaniankuTaoge merupakan sayuran yang didapatkan dari perkecambahan kacang hijau. Bahan makanan yang satu ini juga dikenal dengan nama lain kecambah. Tak perlu membeli, Anda bisa mengecambahkan sendiri taoge sesuai kebutuhan dengan mudah, singkat, dan sederhana.

Taoge merupakan
Foto: pixabay

Pemanfaatan taoge pada olahan pangan antara lain digunakan untuk campuran mi goreng, tahu tek, ketoprak, dan tumis taoge. Buatlah makanan ini sebagai alternatif hidangan Anda bersama keluarga.

Cara mengecambahkan taoge cukup mudah. Pertama, Anda harus memilih biji kecambah yang tepat. Pilihlah kacang hijau yang akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan taoge. Kacang hijau sangat mudah dibeli di mana saja. Sebaiknya, pilih kacang hijau berukuran besar bila Anda ingin taoge dengan ukuran yang besar pula.


Loading...

Kacang hijau dijual dalam keadaan kering. Agar dapat tumbuh kecambah, kacang hijau direndam dalam air. Lakukan perendaman selama beberapa jam. Perendaman juga bisa dilakukan semalaman agar seluruh sel pertumbuhan pada kacang hijau aktif. Perendaman ini bisa dilakukan di suhu ruang biasa tanpa perlu dipanaskan atau didinginkan.

Jika sudah, tiriskan kacang hijau hasil rendaman hingga cukup kering. Kacang hijau yang sudah direndam ini kemudian disiram secara rutin. Penyiraman dilakukan sebanyak 3—5 kali dalam sehari.

Gunakan wadah untuk menampung kacang hijau. Wadah tersebut haruslah dapat meniriskan kacang dan tidak membuat kacang hijau terendam oleh genangan air. Jika dibiarkan, genangan air ini justru akan membuat kecambah tumbuh dengan busuk. Pilihlah wadah dengan lubang di bagian wadahnya agar air dapat keluar. Anda juga bisa menggunakan wadah besar yang dilapisi kain agar air tidak menggenang.

Simpan bakal taoge di tempat gelap. Semakin gelap lokasi penyimpanan yang Anda gunakan, pertumbuhan kecambah pada kacang hijau akan semakin cepat. Tak hanya itu, kualitas taoge yang Anda dapatkan juga semakin bagus. Taoge yang terlalu banyak terpapar sinar akan berwarna merah muda dan berkualitas rendah.

Baca Juga:  Tren Budidaya Hortikultura Ramah Lingkungan

Jika Anda tidak memiliki ruangan yang cukup gelap, Anda bisa memanfaatkan wadah besar seperti kontainer (kotak plastik besar) sebagai lokasi menyimpan wadah perkecambahan kacang hijau. Memasuki hari keempat dan kelima, kacang hijau akan berubah menjadi taoge dengan kecambah yang sudah tumbuh dengan baik.

Sebelum digunakan untuk masakan, jangan lupa untuk mencuci kembali taoge yang akan diolah.

 

Loading...
Loading...