Singkirkan Pestisida dalam Buah dengan Baking Soda


Pertanianku — Tahukah kamu? Sebuah studi mengungkapkan ternyata baking soda mampu bantu singkirkan residu pestisida di permukaan buah-buahan, termasuk apel.

baking soda
Pixabay

Umumnya, penggunaan pestisida memang bisa membantu meningkatkan hasil panen. Namun ada kekhawatiran jika penggunaan pestisida itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Mencuci bahan pangan seperti sayur dan buah sebelum mengonsumsinya bisa menjadi salah satu strategi efektif untuk membersihkan pestisida dari hasil produksi. Para peneliti dari University of Massachusetts di Amerika Serikat mengatakan, hal ini merupakan praktik standar dalam industri makanan.

Meskipun begitu, masih ada beberapa senyawa yang terserap ke dalam bagian buah atau sayur, dan tidak mudah dihilangkan hanya dengan metode pembersihan seperti ini.

Karena itu, peneliti menguji dua metode mengenai pencucian apel. Pertama, dengan menggunakan air keran yang dicampur satu persen larutan baking soda. Kedua, menggunakan air keran yang dicampur larutan pemutih komersial.

Hasilnya, pencucian dengan larutan yang menggunakan baking soda merupakan yang paling efektif dalam mengurangi pestisida. Setelah 12 dan 15 menit, 80 persen thiabendazol (salah satu pestisida yang digunakan dalam studi ini) bisa dikeluarkan dari buah. Baking soda bahkan bisa mengeluarkan 96 persen phosmet dari dalam buah.

Menurut peneliti, persentase yang berbeda ini kemungkinan karena penyerapan thiabendezole yang lebih besar ke dalam apel. Thiabendazole menembus hingga 80 mikrometer bagian dalam apel, sedangkan phosmet terdeteksi pada kedalaman 20 mikrometer. Demikian pemaparannya seperti dilansir laman Indian Express.

Baca Juga:  Merawat Ginjal agar Lebih Sehat dengan Buah dan Sayuran ini
loading...
loading...