Sirih Merah Bukan Sekadar Hiasan


Pertanianku   Sirih merah (Piper crocatum) merupakan jenis sirih yang banyak tumbuh di daerah tropis, khususnya Indonesia. Sirih jenis ini populer sebagai tanaman hias pada tahun 1990-an. Khasiat sirih merah sebagai obat mulaiterungkap sejak diperkenalkan oleh seorang produsen obat di Bulnyaherjo, Yogyakarta.

Sirih Merah Bukan Sekadar Hiasan

Sirih merah (Piper crocatum) biasanya tumbuh merambat di pagar atau pohon. Ciri khas sirih merah adalah batangnya bulat, berwarna hijau keunguan, dan tidak berbunga. Daunnya bertangkai membentuk jantung hati dan bagian atasnya meruncing. Permukaan daun mengilap dan tidak merata. Daun yang subur berukuran 10 cm dan 5 cm. Bila dipegang, daun terasa tebal dan kaku (tidak lemas). Sirih merah cenderung tumbuh di tempat teduh, misalnya di bawah pohon besar yang rindang. Bisa juga tumbuh subur di tempat yang berhawa sejuk. Kalau tumbuh di tempat teduh, daunnya akan melebar. Warna merah marunnya yang cantik akan segera terlihat bila daunnya dibalik. Batangnya pun tumbuh gemuk. Bila terkena banyak sinar matahari, batangnya cepat mengering. Sebaliknya, bila terlalu banyak terkena air maka akar dan batangnya akan membusuk. Yang membedakan dengan sirih hijau adalah selain daunnya berwarna merah keperakan, bila daunnya disobek maka akan berlendir serta aromanya lebih wangi. Awalnya pemanfaatan sirih merah di masyarakat hanya berdasarkan dari pengalaman yang dilakukan secara turun-temurun. Di Jawa, terutama di Keraton Yogyakarta, tanaman sirih merah telah dikonsumsi sejak dahulu untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Bahkan, sirih merah merupakan salah satu bagian penting yang harus disediakan dalam setiap upacara adat ngadi saliro. Bedasarkan pengalaman suku Jawa, tanaman sirih merah bermanfaat menyembukan penyakit ambeien, keputihan, dan obat kumur.

Baca Juga:  Kafein Juga Bisa Bikin Overdosis

Dalam perkembangannya, diketahui bahwa daun sirih merah bisa dipakai untuk mengobati penyakit diabetes. Dengan meminum air rebusan sirih merah setiap hari akan menurunkan kadar gula darah sampai pada tingkat yang normal. Selain itu, daun sirih merah juga terbukti ampuh mengobati penyakit kanker.

 

Sumber: Buku Daun Ajaib Tumpas Peyakit

loading...
loading...