Sirkus Ini Pakai Hologram Saat Atraksi untuk Jaga Kesejahteraan Hewan

Pertanianku — Sirkus seringkali menuai perdebatan di kalangan masyarakat. Hal ini karena di dalamnya terdapat atraksi yang melibatkan hewan-hewan liar yang dijinakkan. Bahkan, banyak yang menganggap hewan sirkus disiksa terlebih dahulu agar patuh melakukan atraksi sehingga menimbulkan masalah pada kesejahteraan hewan itu sendiri.

kesejahteraan hewan
Foto: Google Image

Di Jerman, ada sebuah sirkus bernama Roncalli yang telah menghibur pengunjungnya dengan pameran hewan, akrobat, dan kesenian sejak 1976. Namun, belakangan ini mereka memutuskan untuk berganti haluan dan menjadi lebih modern. Sejak dua tahun lalu, Roncalli menggunakan hologram sebagai pengganti hewan dalam atraksi guna mendukung kesejahteraan binatang.

Pertunjukannya tidak jauh berbeda dengan versi yang lama: pemimpin sirkus berada dan dikelilingi oleh penonton dari segala sisi. Setelah itu, hewan-hewan dalam bentuk hologram akan muncul. Mulai dari kuda-kuda yang berlarian membentuk lingkaran hingga gajah yang mencoba menyeimbangkan tubuhnya dengan bertumpu pada kedua kaki depan.

Loading...

Di balik pertunjukan hologram yang mengagumkan tersebut, ada 15 desainer 3D dan software engineers, serta sebelas sinar laser yang terlibat. Video berisi gambar holografis 3D 360 derajat akan memenuhi arena panggung selebar 32 meter dengan tinggi 5 meter.

Bernhard Paul, pendiri dan direktur Sirkus Roncalli, menjelaskan bahwa mereka membuat holografi dalam bentuk melingkar karena mengikuti bentuk panggung yang bulat. Tidak hanya hologram, rencananya tahun ini Roncalli juga akan menambahkan robot sebagai pasangan akrobatik manusia.

Baca Juga:  Indo Livestock Series 2019, Ajang Pameran dan Forum Teknologi Peternakan Terlengkap
Loading...
Loading...