Sistem Kandang Alas Litter Seumur Hidup

Pertanianku – Sistem kandang dapat berupa kandang besar seperti kandang ayam broiler, kandang susun, atau kandang panggung. Kandang merupakan tempat ayam berada selama seumur hidup, mulai dari anak ayam hingga masa bertelur. Semakin bertambah usia ayam, kepadatan kandang semakin diperluas sesuai pertumbuhannya.

Tujuan Beternak Ayam Kampung

Kandang sistem ini tidak mempergunakan kandang khusus anak ayam.Kandang dibangun, dibersihkan, lalu disiapkan peralatannya. Masa awal sudah dapat dimulai dengan masuknya anak ayam. Sistem ini umumnya digunakan untuk beternak secara intensif yang dilakukan pada peternakan ayam broiler. Variasi dari sistem kandang ini adalah sistem kandang berhalaman. Dengan menggunakan sistem kandang ini, harus disiapkan halaman di tiap kelompok, bukan di tiap kandang.

Loading...

Setiap kelompok yang terdiri dari dua kandang, cukup disediakan satu halaman di bagian depan muka tiap kandang yang menyatu. Sistem halaman seperti ini umumnya untuk ayam kampung hias dan kegemaran, seperti ayam pelung, ayam bangkok, dan ayam bekisar.

Kandang dengan sendirinya berfungsi untuk tempat beristirahat dan bertelur apabila tiba saatnya. Sistem halaman ini memang efektif ketika ayam memasuki usia remaja dan mendekati usia dewasa atau sekitar 3,5 bulan. Kelebihan menggunakan sistem kandang litter seumur hidup adalah memberikan keleluasaan ayam beraktivitas, khususnya pada kandang berhalaman. Sistem pemeliharaan seperti ini juga lebih tepat diterapkan untuk ayam kampung komersial, khususnyaayam kampung pedaging. Akan tetapi, kelemahan dari sistem kandang ini adalah membutuhkan areal yang luas, terlebih lagi pada sistem kandang berhalaman.

 

Sumber: Buku Beternak Ayam Kampung

Baca Juga:  Susu yang Bagus untuk Cempe Kambing
Loading...
Loading...