Sistem Panen Kayu Manis


Pertanianku – Sistem panen menentukan mutu kayu manis yang dihasilkan. Terdapat empat sistem panen yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut.

1) Sistem tebang sekaligus

Cara panen dilakukan degan memotong langsung tanamannya dengan jarak potong mendekati tanah, kemudian batang dikuliti.

2) Sistem situmbuk

Sistem ini biasa dilakukan oleh petani di daerah Situmbuk, Sumatera Barat. Sekitar dua bulan sebelum penebangan, kulit batang tanaman di kupas melingkar, mulai pada ketinggian 5 cm dari pangkal batang hingga 80—100 cm. Selanjutnya tanaman ditebang pada ketinggian 5 cm dari pangkal batang. Penyisaan tunggul tanaman bertujuan untuk menumbuhkan tunas baru yang bisa dijadikan bibit.

3) Sistem batang dipukuli sebelum ditebang

Pada sistem ini, kulit batang dipukuli secara melingkar. Pemukulan batang tersebut dilakukan dua bulan sebelum tanaman dikuliti. Adapun alat yang digunakan sebagai pemukul berupa benda keras seperti pemukul dari kayu.

4) Sistem vietnam

Pada sistem ini, pengupasan kulit membentuk persegi panjang dengan ukuran 10 cm x 30 cm atau 10 cm x 60 cm. Pengupasan kulit dilakukansecara berselang-seling sehingga terlihat seperti gambar kotak papan catur. Untuk memudahkan pengupasan, kulit batang ditoreh dengan bentuk dan ukuran kulit yang diinginkan. Kulit kupasan dijemur menjadi bentuk produk kulit kayu manis kering. Setelah perawatan, bagian batang bekas pengupasan akan menumbuhkan kalus baru. Selanjutnya kulit akan saling bertaut. Kulit batang yang belum dikupas bisa dipanen dengan menyisakan bagian kulit yang baru tumbuh. Panen hanya dilakukan pada bagian kulitnya saja.

 

Sumber: Buku 10 Tanaman Investasi Pendulang Rupiah

Baca Juga:  Inilah Teknik Budidaya Jangkrik yang Baik dan Benar
loading...
loading...