Sistem Penggemukan Sapi Limousin

PertaniankuPenggemukan sapi limousin merupakan usaha untuk memacu pertumbuhan sapi untuk mencapai peningkatan bobot pada fase pertumbuhan yang tepat. Penggemukan juga bisa dilakukan untuk meningkatkan bobot dari sapi yang bertubuh kurus hingga menjadi gemuk sebelum dijual.

penggemukan sapi limousin
foto: Pertanianku

Lama penggemukan sapi limousin bergantung pada umur. Jika penggemukan dilakukan saat sapi berumur kurang dari 1 tahun, lama penggemukan biasanya terjadi selama 8—9 bulan. Sementara itu, jika bakalan sapi yang digemukkan sudah berumur 2—2,5 tahun, waktu penggemukan hanya berlangsung selama 4—6 bulan.

Selain itu, lama penggemukan juga dipengaruhi oleh sistem penggemukan yang digunakan. Berikut ini 4 sistem penggemukan yang biasa digunakan untuk menggemukkan sapi limousin.

Sistem dry lot fattening

Sistem dry lot fattening lebih mengutamakan pemberian pakan berupa konsentrat. Pakan hijauan yang diberikan relatif lebih sedikit. Perbandingan antara pakan hijauan dan konsentrat yang sering digunakan adalah 40:60 atau 20:80.

Penggemukan dry lot fattening dilakukan dalam kandang yang sempit sepanjang waktu. Pada sistem penggemukan ini, pakan hijauan harus selalu tersedia agar ketika sapi merasa lapar, sapi bisa langsung memakan pakan tersebut.

Sistem pasture fattening

Pada sistem penggemukan ini, sapi digembalakan di padang rumput sepanjang hari. Setelah itu, sapi dikandangkan pada malam hari atau saat cahaya matahari sedang terik. Sistem penggemukan ini hanya memanfaatkan pakan hijauan sehingga kualitas hijauan yang disediakan di padang gembala harus berkualitas.

Peternak juga harus bisa melakukan pemanfaatan pakan hijauan. Tujuannya, agar ketika pakan hijauan di satu area sudah habis, masih ada area lain yang menyediakan pakan hijauan.

Sistem kombinasi

Sistem ini mengombinasikan antara dry lot dan pasture fattening. Saat musim hujan dan pakan hijauan berlimpah, ternak sapi akan digembalakan di padang dan tidak dikandangkan. Kemudian pada musim kemarau, sapi dikandangkan dan diberikan pakan secara penuh. Dalam sistem ini sapi juga digembalakan pada siang hari dan dikandangkan serta diberikan pakan konsentrat di malam harinya.

Baca Juga:  Mentan Syahrul Jamin Stok Daging Menjelang Puasa dan Lebaran Aman Terkendali

Sistem penggemukan kombinasi berlangsung lebih singkat dari pasture fattening, tetapi lebih lama daripada dry lot fattening.

Sstem kereman

Sistem ini hampir sama seperti dry lot fattening. Hanya saja, sistem ini digunakan oleh peternak tradisional dengan menggunakan pakan yang kurang terkontrol kualitas ataupun kuantitasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 


loading...