Siwak, Sikat Gigi Tradisional yang Kaya Manfaat


Pertanianku — Kehadiran sikat gigi membuat banyak orang tak lagi mengenal sikat gigi tradisional seperti siwak. Padahal, dulu ranting atau batang dari pohon ara (Persica savadora) ini menjadi pilihan utama dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebenarnya, sikat gigi tradisional ini kaya manfaat.

siwak
Foto: Google Image

Siwak diyakini telah digunakan lebih dari 7.000 tahun. Berbeda dengan sikat gigi biasa, siwak merupakan gabungan dari sikat gigi dan pasta gigi yang memiliki sifat antibakteri. Ada banyak kandungan alami di dalam siwak yang mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Jika dirangkum lebih jauh, setidaknya ada lima manfaat siwak yang patut jadi pertimbangan bagi kesehatan gigi dan mulut Anda.

  1. Mencegah pembusukan dan gigi berlubang

Keseringan mengonsumsi makanan manis yang mengandung gula akan meningkatkan kerusakan gigi seperti gigi berlubang. Pasta gigi yang sering digunakan mengandung florida yang mampu mengalahkan pembusukan sisa makanan pada mulut. Solusi lain yang dapat mencegah kerusakan gigi, yaitu dengan menggunakan air liur.

Dalam hal ini, siwak membantu meningkatkan pembentukan air liur di mulut tanpa tambahan bahan kimia apa pun sehingga secara alami mampu mencegah kerusakan gigi. Selain itu, natrium klorida, natrium bikarbonar, dan kalsium oksida yang terdapat pada siwak dapat memperkuat enamel gigi dan juga membantu proses pemutihan gigi.

  1. Membersihkan plak

Pembentukan plak pada gigi merupakan proses umum. Menyikat gigi secara teratur bisa menghilangkan plak dengan mudah. Proses menghilangkan plak akan membuat warna kuning pada gigi dan gusi atau yang disebut dengan karang.

Cara termudah untuk mencegah penumpukan karang dan plak adalah dengan menyikatnya secara teratur. Untuk itu, siwak sebagai sikat gigi dari ranting memiliki sifat antibakteri yang mencegah penumpukan bakteri pada gigi dan gusi.

  1. Mengatasi bau mulut
Baca Juga:  Tumpas Tuntas Bakteri Bau Badan dengan Daun Beluntas

Sifat antibakteri yang kuat pada siwak dan juga kemampuan siwak untuk meningkatkan produksi air liur mampu mengatasi masalah bau mulut. Siwak yang merupakan bahan alami mampu melepaskan senyawa tertentu yang memberikan aroma ringan khas siwak.

  1. Melawan pertumbuhan bakteri jahat

Mengutip Stylecraze, penelitian yang telah dilakukan oleh WHO dan kelompok lainnya membuktikan bahwa siwak terbukti mengandung sifat antibakteri. Sifat inilah yang secara aktif melawan pertumbuhan bakteri di mulut.

Orang yang menggosok gigi menggunakan siwak secara teratur memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit pada gusi dan gigi dibanding mereka yang menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi.

  1. Menyegarkan mulut

Siwak dikemas dengan senyawa aromatik yang mudah menguap. Menggunakan siwak untuk membersihkan gigi akan memberikan rasa bersih dan napas yang segar. Keharuman alami yang diberikan siwak juga lebih menyenangkan dibanding obat kumur.