Smart Feed Agrinak, Aplikasi Bantu Hitung Formulasi Pakan Ternak

Pertanianku Smart Feed Agrinak merupakan aplikasi yang diciptakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) yang berfungsi untuk menyusun formulasi pakan ayam KUB (Kampung Unggul Balitbangtan) yang disesuaikan oleh umur ayam KUB.

Smart Feed Agrinak
foto: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian

Aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh pengguna Andorid karena baru tersedia di Play Store. Melalui aplikasi Smart Feed Agrinak, para peternak dimudahkan dalam menentukan pakan yang tepat untuk ayam ternaknya.

Aplikasi ini menawarkan beragam jenis bahan pakan yang dapat dimanfaatkan oleh para peternak. Dengan begitu, mereka bebas menentukan akan menggunakan pakan yang mana, pakan konvensional ataupun inkonvensional.

Loading...

Prinsip kerja aplikasi ini adalah mempertimbangkan standar nutrisi pakan yang akan diberikan untuk ternak. Selain itu, juga dapat mempertimbangkan kadar kebutuhan nutrisi yang tepat untuk ternak sesuai dengan kondisi serta umur ayam.

Pertimbangan yang telah dilakukan oleh aplikasi ini akan berbentuk persentase penggunaan setiap bahan dan informasi terkait kandungan nutrisi yang pakan yang telah ditentukan. Selain itu, juga dapat menampilkan harga pakan. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui harga pakan termurah dan harga pakan termahal.

Jika bahan pakan yang Anda gunakan ternyata memiliki kandungan nutrisi yang kurang atau bahkan lebih dari standar yang telah ditentukan, akan timbul tanda warning berwarna merah. Jika seperti itu, Anda dapat memformulasikan ulang bahan pakan agar mendapatkan formulasi yang tepat.

Data-data yang ditampilkan dalam Smart Feed Agrinak berasal dari hasil analisis yang telah dilakukan di dalam laboratorium dan beberapa sumber referensi lainnya. Dengan demikian, seluruh data yang ditampilkan dapat dipertanggungjawabkan.

Harga pakan pun akan selalu di-update jika mengalami kenaikan atau penurunan. Formulasi tepat yang sudah didapatkan dapat disimpan dalam bentuk foto dan otomatis langsung masuk ke galeri handphone.

Tentunya, kehadiran aplikasi ini diharapkan membantu para peternak untuk mendapatkan hasil yang lebih berkualitas dan baik. Aplikasi ini juga memiliki ukuran yang tidak terlalu besar hanya sekitar 9,0 MB sehingga sangat ringan untuk digunakan.

Baca Juga:  Budidaya Udang Vaname di Lahan Sempit dengan Teknologi Microbubble

Sudah banyak masyarakat yang mencoba aplikasi ini. Sebagian besar memberikan tanggapan positif karena sangat membantu masyarakat dalam memformulasikan pakan. Ada juga yang berharap bahwa aplikasi ini dapat hadir untuk hewan ternak lainnya seperti sapi, domba, bebek, itik, dan lainnya.

Loading...
Loading...