Smoothie Pisang Pepaya, Baik untuk Redakan Flu

PertaniankuSakit flu memang tidak menyenangkan. Penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada hidung, tenggorokan, sampai paru-paru.

Sakit flu
Foto: unsplash

Jika Anda atau keluarga Anda terkena flu, jangan buru-buru berobat. Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu mengobati flu secara alami.

Beberapa menu makanan yang baik untuk redakan flu adalah sup ayam, susu, minuman jahe dengan madu, air kelapa, pisang, telur rebus, sup kacang merah, dan sebagainya.

Pisang memiliki kandugan nutrisi yang baik untuk mengatasi gejala flu, stres, depresi, dan insomnia. Pisang kaya akan vitamin B6. Selain itu, kandungan magnesium pada pisang dapat membantu memperkuat tulang dan kalium membantu menjaga agar tekanan darah tetap normal.

Di sisi lain, pepaya juga dipercaya baik untuk membantu meredakan flu. Buah ini tentu relatif murah dan mudah ditemui. Pepaya mengandung vitamin C sebanyak 250 persen RDA (recommended dietary allowance) yang membantu menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin E, vitamin C, dan β-karoten berperan sebagai anti-oksidan yang mampu mengeluarkan virus yang menyerang tubuh. Anti-oksidan ini juga membantu mencegah peradangan pada saluran pernapasan.

Anda bisa membuat olahan dengan buah pisang dan pepaya untuk membantu meredakan flu, salah satunya adalah dengan membuat smoothie pisang pepaya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Satu buah pisang ambon berukuran sedang
  • 50 gram pepaya yang sudah dikupas
  • Satu sendok makan madu
  • 150 ml susu (Anda bisa menggunakan susu UHT, susu kedelai, atau susu formula sesuai selera)

Cara membuat smoothie ini pun cukup mudah. Pertama, potong-potong pisang dan pepaya. Masukkan kedua buah tersebut ke blender. Masukkan juga madu dan susu.

Baca Juga:  Manfaat Olahan Ikan untuk Kesehatan Ibu dan Pembentukan Otak Janin

Haluskan dengan kecepatan tinggi hingga buah-buahan halus. Tuang ke dalam gelas dan sajikan segera untuk Anda atau keluarga Anda yang sedang menderita flu.

Jika Anda tidak sedang sakit pun, minuman ini juga nikmat untuk dikonsumsi. Tambahkan es batu atau masukkan ke lemari pendingin agar rasanya lebih enak. Minuman menyehatkan ini bisa disajikan di pagi hari atau siang hari.

Loading...