Sneakers Ramah Lingkungan dari Limbah Sekam Padi

Pertanianku— Padi menjadi komoditas pertanian yang cukup besar di Indonesia karena beras merupakan bahan pangan utama. Tingginya produksi padi membuat jumlah hasil sampingan berupa sekam padi juga ikut tinggi. Sebenarnya, sekam padi masih diolah menjadi barang yang bisa digunakan dalam dunia pertanian. Bahkan, saat ini limbah sekam padi tersebut sudah dikembangkan menjadi sneakers ramah lingkungan.

sneakers ramah lingkungan
foto: litbang.pertanian.go.id

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen) berhasil mengembangkan produk silika berukuran nanometer dari sekam padi.

Hoerudin, peneliti nanobiosilika BB Pascapanen mengatakan bahwa nanobiosilika dikembangkan oleh teknologi sehingga mampu menghasilkan nanobiosilika dengan kandungan SiO2 sebesar 97—99 persen dan luas permukaan yang spesifik lebih dari 200 m2/gram.

“Hal unik lainnya, partikel nanobiosilika dari sekam padi berukuran nanometer (20—100 mm) sehingga dapat meningkatkan performa produk akhir,” ujar Hoerudin seperti dikutip dari laman litbang.pertanian.go.id.

Hasil riset tersebut langsung digunakan oleh PT Triangkasa Lestari Utama (TLU) untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan sepatu yang ramah lingkungan. Riset tersebut sudah dilakukan selama tiga tahun lamanya, dan saat ini produk riset tersebut sudah siap digunakan untuk dipasarkan.

Direktur PT TLU, David C.S. Ilot sekaligus material technologist mengatakan sneakers yang tersebut dirancang nonpolutan sehingga tidak akan terdegeradasi secara alamiah setelah masa pakai. Jadi, bisa dikatakan sepatu tersebut ramah lingkungan.

“Solnya yang ramah lingkungan diinjeksi nanobiosilika dari sekam padi hasil riset Balitbangtan,” papar David.

Komponen utama di dalam sepatu ramah lingkungan ini adalah serat bambu antibakteri, kapas, karet alam, minyak kelapa, dan nanobiosilika dari sekam padi.

Sol yang terbuat dari nanobiosilika sekam padi memiliki keunggulan berupa fleksibilitas yang tinggi sehingga kuat dan lentur, sama sekali tidak terasa kaku. Selain itu, daya cengkeram tinggi pada kondisi basah sekalipun, serta yang terpenting tetap nyaman dan ringan ketika dipakai. Keunggulan yang dimiliki sepatu ramah lingkungan ini bisa melindungi kaki dengan sempurna, pengguna bisa merasa aman, nyaman, dan tetap terlihat keren.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik Rakit Apung

loading...