Soka Jawa yang Memesona

Pertanianku — Salah satu jenis tanaman hias yang banyak ditanam di Indonesia adalah soka jawa. Tanaman hias yang satu ini terkenal karena keindahan bunganya yang memiliki warna mencolok serta bentuk bunga yang unik.

soka jawa
Foto: pixabay

Soka jawa memiliki nama ilmiah Ixora javanica. Keberadaan tanaman hias yang satu ini bisa dengan mudah ditemukan sebagai tanaman pagar. Tanaman soka jawa selalu hijau dan mudah dibentuk. Sementara, bunganya selalu mekar dan berwarna cerah. Perpaduan tersebut membuat pesona soka jawa sebagai tanaman hias tidak bisa dipandang sebelah mata.

Tanaman soka jawa hidup di iklim tropis, termasuk Indonesia. Tanaman hias ini bisa tumbuh dengan baik selama mendapat pencahayaan yang cukup. Selain itu, soka jawa juga membutuhkan air dalam jumlah cukup.

Loading...

Namun, air yang digunakan haruslah air yang sudah diberi perlakuan khusus. Soka jawa sangat peka dengan keberadaan kapur sehingga asupan air yang diberikan tidak boleh mengandung kapur. Meskipun demikian, tanaman hias yang satu ini termasuk mudah dalam perawatannya.

Seperti kebanyakan tanaman hias lain, pesona utama dari soka jawa terletak pada bunganya. Bunga soka jawa terdiri atas kelopak bunga, mahkota, benang sari, kepala sari, dan tangkai bunga. Bunga ini mudah muncul pada bagian ujung tanaman.

Warna bunganya yang mencolok, yakni merah-oranye, membuat bunga soka jawa tampak indah. Bunga soka jawa tumbuh menjadi satu di ujung tanaman sehingga lebih terlihat jelas. Jika diperhatikan dengan saksama, sebenarnya bunga soka jawa memiliki ukuran yang relatif kecil dibanding bunga lain. Diameter mahkota bunga soka jawa hanya berkisar 2,5 cm.

Untuk melihat keindahannya secara maksimal, Anda bisa mengamati bunga ini pada Mei hingga September. Waktu tersebut merupakan waktu mekarnya bunga soka jawa yang terbilang cukup lama.

Baca Juga:  5 Tanaman Hias yang Mengambang di Air

Bunga soka jawa menjadi inspirasi pada pembuatan batik, khususnya motif batik pekalongan. Bunga ini juga banyak menarik kupu-kupu untuk membantu penyerbukannya. Di dalam bunga, terdapat cairan yang memiliki rasa manis yang juga diincar kupu-kupu tersebut.

Selain bunga, daun soka jawa juga indah. Daun ini berbentuk helaian oval dengan panjang 10—12 cm. Semakin tua, warna daun soka jawa akan semakin hijau pekat. Permukaan daun ini mengilap dan bagian pinggirnya tidak bergerigi.

 

Loading...
Loading...