SOP Persiapan Kandang yang Benar untuk DOC Ayam Kampung

Pertanianku — Pembesaran DOC (Day Old Chick) ayam kampung tentunya dimulai saat DOC ayam kampung tiba di kandang hingga masa panen ayam. Mempersiapkan kandang merupakan langkah awal yang sangat penting. Oleh karena itu, penting untuk menyimak bagaimana Standard Operating Procedure atau SOP persiapan kandang yang baik.

persiapan kandang
foto: pertanianku

Persiapan kandang untuk DOC ayam kampung sebenarnya sudah memiliki SOP yang sudah diterapkan oleh peternak. SOP persiapan kandang dimulai dengan mengosongkan kandang, lalu diberikan racun tikus, kemudian kandang ditutup rapat-rapat. Jadi, kemungkinan tikus yang ada di dalam kandang akan mati dan tidak akan pindah ke kandang lain.

Tikus yang mati harus dibuang, dan seluruh kandang beserta peralatannya disemprotkan insektisida. Sisa kotoran bekas ternak sebelumnya beserta sekam dan sisa pakan yang ada di tempat makan juga dibersihkan dari kandang. Bersihkan seluruh kandang dengan menggunakan air bersih serta deterjen, dan dibantu dengan power spray, termasuk juga semua peralatan yang digunakan seperti peralatan pakan atau feeder dan tempat minum atau nipple.

Jika kandang mengalami kerusakan, harus segera diperbaiki. Siram lantai dengan soda api sebanyak 20 gram per meter persegi, lalu dibilas. Setelah itu, semprotkan kembali insektisida untuk kedua kalinya.

Pembersihan juga dilakukan di luar kandang dengan menyemprotkan bahan aktif (longlife + formalin) ke seluruh lingkungan sekitar kandang. Untuk mencegah tikus masuk kembali, pasang umpan racun di luar kandang. Simpan peralatan yang sudah dibersihkan di area gudang.

Lantai kandang dikapur dengan takaran 0,4 kg/m2 secara merata. Sekam ditebar saat lantai sudah kering dengan ketebalan 10 cm dan disemprot oleh formalin dengan dosis 5 persen. Taburi sekam dengan bahan aktif yang berdosis 50 g/m2. Setelah itu, siapkan peralatan brooding atau pemanas.

Baca Juga:  Kekurangan dan Kelebihan Penggunaan Kandang Kotak untuk DOD

Langkah terakhir untuk memastikan seluruh bakteri dan jamur telah terbunuh, kandang di fogging dengan menggunakan desinfektan dan antijamur. Setelah semua langkah sudah dilakukan, kandang ditutup rapat-rapat selama 3 hari sebelum diisi DOC. Selanjutnya, kandang difumigasi dengan PK 20 gram ditambah formalin 40 cc untuk ruangan 2,8 m.

Proses persiapan kandang yang sesuai dengan SOP akan memerlukan waktu selama 10—12 hari.

 


loading...