Stok Terbatas, Harga Kencur Naik Hingga 150 Persen

Pertanianku — Kencur merupakan salah satu rempah yang sering digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan. Saat ini, harga kencur naik dan mengejutkan banyak orang. Semakin maraknya ekonomi kreatif berupa sajian kuliner seblak, diduga menjadi penyebab melesatnya harga kencur.

harga kencur naik
Foto: Google Image

Maraknya penjual seblak, menjadikan permintaan bumbu dapur jenis rimpang ini naik tajam. Saat ini, harga kencur mencapai Rp100 ribu per kg, dari sebelumnya Rp40 ribu per kg. Melambungnya harga kencur membuat tidak banyak pedagang sayur yang menjualnya, terutama pedagang sayur keliling. Produsen camilan bercita rasa kencur pun beralih ke cita rasa yang lain.

Mengutip Pikiran Rakyat, seorang pembuat cemilan jadul Rengginang Kidal, Yani Risnawati mengungkapkan, melambungnya harga kencur, diduga karena maraknya penjual seblak.

Loading...

“Katanya sih harga kencur mahal karena permintaan tinggi, akibat maraknya penjual seblak,” katanya.

Melambungnya harga kencur sampai hampir menyamai harga daging, membuat Yani Risnawati menghentikan sementara produk rengginang rasa kencur. Yani kemudian beralih dari kencur ke daun jeruk.

“Kalau harus memaksakan untuk tetap memproduksi varian rasa kencur, saya bingung harus menjual rengginangnya jadi berapa. Karena saat ini saja, harga Rengginang Kidal produksi saya, sudah cukup mahal untuk ukuran harga rengginang,” kata Yani. Selama ini, Yani menjual produk Rengginang Kidal siap santapnya seharga Rp25 ribu per kemasan 250 gram.

Stok terbatas dan hanya sedikit

Menurut Suranti, salah seorang pedagang sayur di Pasar Pagi Kota Cirebon, melambungnya harga kencur sampai 150 persen sudah terjadi sekitar sebulan. Selama puluhan tahun menjadi penjual sayur di pasar, Suranti mengaku baru kali ini mengalami harga kencur melambung hampir menyamai harga daging.

Suranti juga mengatakan, ia tidak tahu persis alasan kenaikan harga kencur. Namun yang pasti, menurut dia, sejak harganya melambung tinggi, tidak banyak penjual sayur seperti dirinya yang menjual kencur.

Baca Juga:  Mengatasi Serangan Lalat Buah Jambu Air Madu Deli, Bikin Jambu Jadi Busuk!

“Biasanya kan hampir rata-rata penjual sayur menjual hampir semua bumbu dapur, termasuk kencur. Namun sejak harganya tinggi, tidak banyak penjual yang menjual kencur,” ujarnya.

Loading...
Loading...