Stop Buang Sisa Makanan, Begini Cara Memanfaatkannya


Pertanianku – Sisa makanan yang sudah tak dimakan biasanya akan dibuang begitu saja. Itu sebabnya volume sampah sisa makanan semakin meningkat. Padahal, bisa saja makanan tersebut masih layak dikonsumsi alias belum basi.

Foto: pixabay

Perilaku membuang-buang makanan juga tidak baik dilakukan. Pasalnya, makanan yang tidak lagi dikonsumsi bisa diolah menjadi makanan lain. Pasti Anda tidak percaya bukan? Yuk, simak penjelasan memanfaatkan makanan sisa.

  1. Memiliki sisa jus atau smoothies? Anda jangan terburu-buru untuk membuangnya. Anda bisa mengolahnya lagi menjadi minuman lain. Caranya, ambil cetakan es batu lalu tuang ke dalamnya. Simpan di dalam freezer. Jus beku ini dapat Anda konsumsi di lain waktu.
  2. Kebanyakan orang akan lekas membuat kulit buah yang tak lagi terpakai. Sebenarnya, Anda bisa memanfaatkannya. Kulit buah dapat dijadikan infused water. Semakin lama Anda menyimpannya, aromanya akan semakin tajam dan tentu saja membuat Anda semakin semangat untuk mengonsumsinya.
  3. Memiliki sayuran yang busuk? Anda dapat memanfaatkan sebagai bibit tanaman baru. Tomat, cabai, dan aneka buah yang berbiji dapat Anda manfaatkan dengan cara ini.
  4. Jangan buang ampas kopi, manfaatkan sebagai penyerap bau yang mengganggu. Hemat sekaligus praktis bukan?
  5. Manfaatkan bumbu rempah sebagai pengharum ruangan. Cukup didihkan air, lalu masukkan rempah lama, diamkan sampai mendidih. Aroma sedap akan membuat harum seluruh ruangan di rumah Anda.

Daripada terbuang sia-sia lebih baik diolah menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan kembali bukan?

Baca Juga:  Makan Tomat Bisa Kurangi Kolesterol Jahat? Begini Kata Peneliti
loading...
loading...