Stop Kupas Buah Ini Saat ingin Mengonsumsinya


Pertanianku – Mengonsumsi buah-buahan sebenarnya adalah sebuah kewajiban bagi manusia. Seperti yang kita ketahui buah-buahan menyimpan vitamin dan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh. Selain itu, buah-buahan dapat membantu kita mengindari beberapa penyakit. Namun, sudahkan Anda mengonsumsi buah dengan benar selama ini?

Pasti beberapa diantara Anda memilih mengupas kulit buah terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya bukan? Tahukah Anda beberapa buah sebenarnya lebih bagus jika dikonsumsi bersama dengan kulitnya lho.

Berikut beberapa buah yang lebih baik dikonsumsi beserta kulitnya, seperti melansir Times of India:

Kiwi

Biasanya kita selalu mengupas kulit buah kiwi saat akan memakannya. Padahal, kulit kiwi membuat buah padat nutrisi ini lebih bergizi. Anda bisa mendapatkan tiga kali lipat asupan serat jika makan kiwi dengan kulit. Tak hanya itu, kulit kiwi juga memiliki lebih banyak kandungan vitamin C.

Apel

Buah satu ini terkenal sebagai buah favorit banyak orang. Buah ini diperkaya dengan antioksidan dan fitonutrien. Tidak banyak dari kita yang menyadari bahwa apel sebaiknya dikonsumsi dengan kulitnya. Kadandungan anti-oksidan dari kulit apel dapat membantu memerangi penyakit Alzheimer dan masalah degeneratif lainnya. Kulit apel juga mengandung sebagian besar serat dan vitamin, yang penting untuk kesehatan kita. Tak hanya itu, kulit apel mengandung senyawa yang disebut triterpenoid, yang menurunkan risiko kanker.

Mangga

Kulit mangga mengandung sifat pembakaram lemak dan mengurangi produksi sel-sel lemak. Selain itu, kulit mangga juga mengandung karotenoid, polifenol, omega-3, omega-6 dan asam lemak tak jenuh ganda yang membantu dalam memerangi kanker, diabetes dan penyakit jantung. Anda bisa memakan kulit mangga bersama dengan buahnya secara mentah atau memasaknya. Cara lain untuk memakannya pebih mudah adalah menjadikan daging dan kulit mangga sebagai acar.

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit

Pir

Jika mengupas kulit buah pir saat memakannya, maka Anda akan kehilangan serat dan nutrisi buah manis ini. Kulit pir penuh dengan nutrisi berharga dan memegang setengah serat makanan. Kulitnya juga mengandung antioksidan dan anti-inflamasi fitonutrien, sehingga yang terbaik adalah untuk tidak mengupas kulit ketika makan pir.

Plum

Plum harus dimakan tanpa mengupasnya karena kulit buah lezat ini mengandung antioksidan yang disebut asam chlorogenic dan juga merupakan sumber yang baik dari vitamin-C. Plum sangat bagus untuk menghilangkan sembelit dan masalah pencernaan bila dimakan dengan kulitnya.

loading...
loading...