Strategi Budidaya Kakao di Musim Hujan

Pertanianku — Musim hujan sering menjadi momok bagi para petani karena intensitas serangan penyakit dan hama pada tanaman menjadi tinggi. Serangan penyakit dan hama bisa menyebabkan produktivitas tanaman menurun dan pada akhirnya membuat petani merugi. Para petani budidaya kakao harus melakukan beberapa cara untuk melindungi tanamannya selama curah hujan sedang tinggi.

budidaya kakao
foto: pertanianku

Kakao atau Theobroma cacao L. sangat rentan terhadap curah hujan serta tingkat kelembapan yang tinggi. Beberapa penyakit yang kerap muncul ketika musim hujan adalah busuk buah kakao, vascular streak dieback, dan kanker batang.

Penyakit busuk buah dan kanker batang disebabkan oleh cendawan Phytophthora palmivor, sedangkan penyakit VSD disebabkan oleh cendawan Ceratobasidium theobromae. Cendawan-cendawan tersebut bisa berkembang biak dengan cepat pada musim hujan karena kelembapan di perkebunan meningkat.

Loading...

Risiko serangan tiga penyakit tersebut masih bisa diminimalisir dengan persiapan yang matang. Berikut ini ada beberapa strategi yang bisa dilakukan oleh pembudidaya untuk menyelamatkan pohon kakao di musim hujan.

Lakukan pemangkasan

Tanaman kakao yang mengalami penurunan produkivitas sebaiknya dilakukan sambung samping dan pemangkasan untuk menghindari rubuh karena terpaan angin kencang. Selain itu, pemangkasan tersebut juga berguna untuk merangsang pertumbuhan bunga dan ranting.

Lakukan panen sesering mungkin

Lakukan panen buah yang sudah matang secara rutin dan lakukan juga pada buah yang busuk. Panen bisa dilakukan bersamaan saat pemangkasan atau diatur sesuai dengan kebutuhan. Buah yang busuk harus segera disemprot APH, kemudian dikubur sedalam 30 cm.

Buat saluran irigasi

Buat saluran irigasi untuk mencegah terjadinya genangan yang menimbulkan penyakit pada bagian akar. Jangan lupa untuk membuat bak penampung yang akan menampung air dari saluran irigasi. Bak penampung tersebut dibuat dengan ukuran 3 m × 2 m dan kedalaman 50 cm. Namun, jika Anda bisa langsung mengalirkan aliran air irigasi ke sungai, bak penampung tidak perlu dibuat.

Baca Juga:  Jurus Jitu Mengantisipasi Badai La Nina ala Kementan

Menanam tanaman sela

Tanaman sela yang bisa ditanam di kebun kakao adalah nilam, jagung, pisang, kacang-kacangan, umbi-umbian, dan masih banyak lagi. Penanaman tanaman sela bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain berguna untuk mencegah serangan hama dan penyakit, tanaman sela ini bisa menjadi sumber pendapatan tambahan untuk petani.

Loading...
Loading...