Strategi Menghemat Pakan Ayam Ras

Pertanianku — Ayam ras merupakan jenis ayam yang dapat tumbuh cepat sehingga bisa dipanen dalam waktu yang singkat. Hal tersebut menyebabkan pakan ayam harus selalu tersedia untuk mendukung pertumbuhannya. Hal ini bertujuan mendapatkan pakan secara kontinu. Namun, Anda pun harus bijak saat memberikan pakan karena biaya pakan merupakan komposisi terbesar dalam biaya produksi. Oleh karena itu, Anda perlu menghemat pakan ayam ras.

pakan ayam ras
foto: pertanianku

Menghemat pakan ayam ras bukan berarti Anda bisa mengeluarkan pakan yang lebih sedikit demi memangkas biaya pakan. Anda hanya perlu mengefisiensikan penggunaan pakan dengan manajemen pemberian pakan yang baik. Berikut ini manajemen pakan yang bisa Anda ikuti.

Tempat pakan yang cukup

Loading...

Tempat pakan yang cukup dapat mengurangi persaingan individu ayam untuk mendapatkan pakan. Jika persaingan terjadi, ayam yang kalah dalam persaingan mendapatkan pakan akan mengalami bobot badan rendah. Pertumbuhan ayam menjadi tidak seragam.

Bentuk tempat pakan

Pakan yang diberikan pada tempat pakan manual harus dijaga karena pakan mudah tercecer. Sementara, tempat pakan otomatis dapat memudahkan Anda dalam meningkatkan efisiensi pakan dengan menurunkan jumlah pakan yang tercecer. Pakan yang terlalu banyak terbuang menjadi tidak efisien, terlebih jika usaha dilakukan dalam skala besar. Hal tersebut akan memberatkan biaya produksi.

Jika menggunakan feeder tray pada ayam berumur satu minggu, Anda harus rajin mengontrolnya. Hal tersebut dikarenakan tempat pakan mudah terkontaminasi dengan feses.

Frekuensi pemberian pakan

Pakan bisa diberikan dengan porsi yang lebih sedikit tetapi sering, agar kualitas pakan yang diberikan tetap terjaga. Hal tersebut juga dapat merangsang ayam untuk terus-menerus mengonsumsi pakan.

Pemeliharaan ayam pedaging pada suhu lingkungan panas

Ayam yang diternakkan pada wilayah panas rentan terhadap stres. Untuk mengurangi stres, sebaiknya turunkan kandungan protein ransum sebesar 2—3 persen, dan tingkatkan energi ransum dengan mensubstitusi 2 persen lemak untuk 2 persen biji-bijian utama.

Baca Juga:  Memahami Legalitas Usaha Peternakan

Faktor pendukung

Faktor ini dapat memengaruhi efisiensi pakan, yaitu tempat minum, cara pemberian air minum yang cukup, letakkan tempat air minum di tempat yang pas, dan lakukan biosekuriti.

Recording dan penimbangan badan ulang

Manajemen pemeliharaan yang baik harus mengetahui dengan pasti berat ayam sehingga Anda bisa menghitung efisiensi pakan yang tepat.

Loading...
Loading...