Suara Manusia dapat Merangsang Pertumbuhan Tanaman, Mitos atau Fakta?

Pertanianku – Pernahkah Anda terpikir bahwa sebuah suara dapat merangsang pertumbuhan tanaman. Pasti Anda belum pernah mendengarnya bukan? Seperti yang kita ketahui, suara bisa saja menjadi bagian dari polusi yang mengganggu kita. Namun, karena suara jugalah kita bisa menikmati beragam alunan dan lantunan, baik musik, lagu, nyanyian, instrumentalia maupun sekadar akapela belaka.

Berbicara mengenai suara, mungkin ada yang masih belum tahu bahwa ternyata suara yang dihasilkan oleh perempuan diyakini bisa mempercepat pertumbuhan tanaman. Anda percaya ataupun tidak, tapi seperti itulah hasil percobaan yang diungkap di Inggris, yaitu oleh Royal Horticultural Society.

Sarah Darwin

Di lain sisi cucu Charles Darwin yang bernama Sarah Darwin juga membagi pengalamannya bahwa sebenarnya ia pun pernah melakukan percobaan yang sama dan menemukan hasil akhir pada tanamannya juga serupa, bertumbuh dua inci.

Colin Crosbie

Colin Crosbie, yaitu salah seorang pengawas tanaman di RHS, memaparkan bahwa suara perempuan memiliki kemampuan dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman tomat. Dari kejadian itu, ia menjelaskan bahwa gelombang suara yang dihasilkan oleh seorang perempuan tak ubahnya hujan sinar matahari, yaitu mampu memberikan efek pada tanaman.

Percobaan mengenai efek suara terhadap pertumbuhan tanaman itu ia lakukan di RHS Garden Wisley dalam durasi kurang-lebih satu bulan lamanya. Percobaan itu tetap ia bagi dalam dua tempat, yang ia bedakan sesuai jenis kelamin manusia, yaitu antara tempat pria dan tempat wanita. Dan hasil yang ia peroleh menunjukkan bahwa tanaman tomat bertambah sebanyak 2 inci pada tempat yang berjenis kelamin wanita.

loading...
loading...