Suburkan Tanah dengan Bahan Alami Ini

Pertanianku — Penggunaan bahan alami untuk menyuburkan tanah sudah digunakan sejak dahulu. Selain bisa menyuburkan dalam jangka waktu lama, bahan alami juga bisa diurai oleh alam sehingga tidak menimbulkan residu yang berbahaya bagi lingkungan. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan.

bahan alami untuk menyuburkan tanah
Foto: freepik

Pupuk kandang

Pupuk kandang merupakan bahan yang bisa digunakan untuk menyuburkan tanah secara alami dan organik. Di dalamnya, terdapat banyak kandungan mikroorganisme yang baik untuk menyuburkan tanah. Selain itu, pupuk kandang juga mengandung mineral dengan kandungan nitrogen dan fosfor yang dibutuhkan oleh tanah. Pupuk kandang bisa terbuat dari beragam kotoran hewan seperti sapi, kambing, domba, dan ayam.

Loading...

Zeolit

Berbeda dengan pupuk kandang, penggunaan zeolit sebagai bahan penyubur tanah merupakan bahan anorganik. Zeolit merupakan mineral nonlogam yang dapat digunakan untuk menukar ion hara yang ada di dalam tanah. Zeolit juga bisa menyimpan air dan membantu proses pemupukan menjadi lebih efektif.

Biomassa charcoal

Anda bisa mendapatkan biomassa charcoal dari hasil pembakaran kayu, batok kelapa, sekam padi, atau bahan-bahan lainnya. Biomassa charcoal bisa digunakan untuk meningkatkan pH tanah, mengikat air dan berbagai unsur hara, serta bisa meningkatkan aktivitas biota di dalam tanah sehingga baik untuk kesuburan tanah.

Kapur

Biasanya, kapur atau dolomit digunakan pada lahan dengan pH rendah atau tanah yang asam. Tanah seperti ini contohnya lahan gambut dan lahan pasang surut. Pengapuran selain bisa menyuburkan tanah juga bisa membantu penyerapan pupuk sehingga pemupukan yang dilakukan menjadi lebih optimal. Selain itu, pemberian kapur juga bisa mengurangi racun dalam tanah.

Jerami padi

Salah satu jenis pupuk organik, yakni pupuk kompos, bisa menggunakan bahan dasar dari jerami padi. Jerami ini memiliki peran mikro seluolitik dan lignotik dengan cara merombak bahan yang mengandung karbon. Dengan begitu, tanah yang diberikan jerami padi pun bisa lebih subur. Pemupukan dengan jerami padi dapat diberikan melalui dua cara, yaitu dengan ditumpuk dan dibalik.

Baca Juga:  Manfaat Kayumanis Ternyata Baik untuk Tanaman
Loading...
Loading...