Sudah Tahu? Ini Dia Manfaat Jangkrik untuk Tubuh Anda


Pertanianku — Tahukah Anda? Beberapa penelitian menyebutkan bahwa jangkrik memiliki kandungan gizi yang ternyata baik bagi manusia. Manfaat jangkrik ini bisa dirasakan dengan cara mengonsumsi dagingnya.

Manfaat jangkrik
Foto: Shutterstock

Jangkrik adalah serangga yang berkerabat dengan belalang, memiliki tubuh rata dan antena panjang. Hewan ini mungkin lebih banyak dijadikan sebagai pakan ayam atau burung. Lebih dari itu, jangkrik sering dipelihara anak-anak di rumah sebagai hewan aduan.

Disamping itu, jangkrik diketahui memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Serangga ini juga mengandung protein omega-3, omega-6, dan omega-9 yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak.

Sayangnya, konsumsi jangkrik adalah suatu hal yang masih dianggap menjijikkan bagi sebagian orang. Perlu diketahui, di dalam 100 gram jangkrik terkandung 121 kalori, dan hanya 45,9 kalori yang berasal dari lemak.

Selain itu, terdapat kandungan lain seperti 12,9 gram protein dan 75,8 gram zat besi. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dan kebaikan daging jangkrik bagi tubuh.

  1. Kaya akan kandungan protein

Jangkrik mengandung beberapa nutrisi baik seperti protein, serat, lemak sehat, vitamin, dan beberapa jenis mineral. Sebuah fakta mencengangkan tentang jangkrik, yaitu kandungan protein yang ada di dalamnya sama dengan kandungan protein yang dimiliki oleh daging sapi, tetapi dengan kadar lemak yang lebih rendah.

  1. Mengandung kadar kalsium tinggi

Alasan lain mengapa jangkrik baik untuk dikonsumsi adalah karena jangkrik memiliki kandungan kalsium tinggi yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Oleh karena itu, mengonsumsi jangkrik bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan adalah hal yang sangat baik.

  1. Mencegah penuaan

Daging jangkrik memiliki kandungan protein kolagen yang dapat membuat kesehatan kulit dan organ mata lebih terjaga dan mencegah terjadinya penuaan dini. Selain itu, daging jangkrik juga sangat baik bagi kesehatan sebagai langkah pencegahan katarak.

  1. Meningkatkan vitalitas
Baca Juga:  Jamur Kombucha, Rahasia Diet Detoks Alami Anti-obesitas

Kandungan yang ada pada daging jangkrik dipercaya mampu meningkatkan vitalitas. Selain itu, daging jangkrik juga sangat baik bagi wanita untuk menunda menopause.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi daging jangkrik ternyata juga dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah laporan dari WHO (badan kesehatan dunia) menunjukkan bahwa jangkrik memiliki kandungan protein yang sama dengan daging dengan kadar lemak yang lebih rendah sehingga konsumsi jangkrik bisa membantu menurunkan epidemi obesitas di seluruh dunia.