Sudah Tahu? Ini Manfaat Jamur Kuping Hitam


Pertanianku Jamur kuping hitam (Auricularia auricular) disebut-sebut sangat bermanfaat menyembuhkan berbagai penyakit berat. Beberapa di antaranya sebagai penyembuh penyakit jantung, pembuluh darah dengan endapan (aterosklerqsis), penurun kolestrol dan trigliserid, antiplatelet, serta antipengentalan darah dan sebagai antipendarahan.

Jamur kuping hitam
Foto: Shutterstock

Apabila seseorang mengonsumsi jamur kuping hitam setiap hari, aliran darah akan menjadi lancar, terhindar dari stroke, jantung atau otak yang disebabkan adanya sumbatan di pembuluh darah.

Masyarakat Cina sudah sangat lama mengenal jamur kuping hitam sebagai bahan makanan ataupun sebagai obat. Di Cina, jamur kuping, digunakan sebagai obat pengencer darah atau antikogulasi, yaitu mencegah pengentalan darah. Namun di sisi lain, jamur dapat pula berfungsi sebagai antihaemorhagi  atau menghentikan pendarahan (Smith, Rowan, Sulivan: 2002).

Jamur kuping hitam dapat digunakan sebagai anticoagulansia, penurun kolestrol serta trigliserida ternyata secara emperis dapat menolong orang yang mengalami ateroskelorosis.

Ada penderita jantung yang disarankan untuk operasi bypass dengan kondisi yang cepat lelah dan rasa sesak. Setelah 24 hari minum air rebusan jamur, tenaganya mulai pulih secara perlahan sehingga rencana operasi dapat ditunda, namun obat dokter pun tetap diminum.

Berikut ini cara membuat jamur hitam sebagai obat.

Siapkan 10 gram jamur kuping hitam ditambah 3 iris jahe dan 3 butir bawang putih. Disarankan untuk menambah daging yang bebas lemak sebanyak 40 gram dan sedikit garam. Rebus semua bahan tersebut dengan 6 mangkuk air, lalu biarkan mendidih hingga tersisa 2 mangkuk. Air hasil rebusan diminum setiap hari pada pagi dan sore.

Baca Juga:  Manfaat Hebat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan