Sudahkah Anda Mengenal Manfaat Daun Tempuyung?

Pertanianku — Pernahkah Anda mengenal tanaman tempuyung? Tanaman dengan nama ilmiah Sonchus arvensis ini merupakan tanaman yang bisa tumbuh di mana saja. Mulai dari tembok hingga bebatuan, tanaman tempuyung mampu hidup dan bertahan. Tidak banyak pula yang mengetahui manfaat daun tempuyung.

manfaat daun tempuyung
foto: pixabay

Daun tempuyung mengandung banyak kandungan bahan alami yang baik bagi tubuh. Kandungan ini antara lain asam amino, polifenol, protein, alfa-amyrin dan beta-amyrin, lipid, hidrokarbon polimer, lupeol, pseudotaraxasterol, dan taraxasterol.

Daun tempuyung dapat dimanfaatkan untuk mengruangi asam urat. Penderita penyakit ini mengalami nyeri sendi karena pembentukan kristal asam urat yang mengendap di pembuluh darah. Daun tempuyung dapat mendorong asam urat ini keluar.

Loading...

Selain itu, konsumsi daun tempuyung secara teratur dapat mencegah pembentukan ezim yang menyebabkan kadar asam urat meningkat.

Selain asam urat, manfaat daun tempuyung juga dikenal dapat mengurangi gejala penyakit ginjal. Kandungan yang bermanfaat membantu menurunkan penyakit ginjal adalah kalium.

Kalium yang terdapat pada daun tempuyung ini dapat bereaksi dengan kalsium karbonat dan zat-zat lain yang ada pada batu ginjal. Dengan begitu, batu ginjal dapat rusak dan lebih mudah larut dalam air seni untuk dibuang dari tubuh.

Manfaat daun tempuyung lainnya adalah dapat mengurangi peradangan. Contoh peradangan yang dapat diatasi dengan daun tempuyung adalah elcer atau wasir. Cara mengobati peradangan ini adalah dengan mengonsumsi air yang direbus bersama daun tempuyung.

Sementara itu, umtuk mengobati wasir, ambil beberapa helai daun tempuyung dan tumbuk halus. Selanjutnya, letakkan daun tempuyung ini pada rektum.

Daun tempuyung jika dikonsumsi juga baik untuk mengendalikan kadar darah pada penderita hipertensi. Hipertensi sendiri dapat terjadi karena banyak faktor seperti stres, gaya hidup, dan genetik. Daun tempuyung cukup dikonsumsi sebagai lauk, baik diolah menjadi sayuran maupun olahan lain.

Baca Juga:  Meramu Obat Alami Untuk Cacingan

Terakhir, Anda juga dapat menggunakan manfaat daun tempuyung untuk mengobati luka bakar ringan, seperti luka bakar akibat puntung rokok atau arang. Tumbuk daun tempuyung dan aplikasikan pada bagian yang terluka. Luka pada kulit lain seperti memar atau lebam akibat pukulan dan benda tumpul juga dapat dikurangi dengan cara ini.

Loading...
Loading...