Suhu yang Mempengaruhi Produksi Ayam Petelur


Pertanianku – Suhu yang dibutuhkan untuk kehidupan yang nyaman bagi ayam petelur sesuai dengan kondisi biologis ayam tersebut. Suhu idealnya tergantung dari umur ayam. Semakin tua umur ayam, memerlukan suhu ideal yang semakin rendah. Suhu ideal bagi ayam petelur berbagai umur dapat dilihat pada Tabel 20.

Ramu Pakan Ayam Petelur yang Tepat

 

Suhu kandang ayam petelur harus dijaga sedemikian rupa agar ayam tetap nyaman dan produksinya tinggi. Perbedaan model kandang juga mempengaruhi suhu ideal. Untuk kandang close house yang relatif tertutup, suhu yang nyaman berkisar 22—25o C. Kenaikan suhu kandang dapat menyebabkan nafsu makan berkurang hingga mencapai 25%. Akibatnya, ayam akan minum air dengan volume yang lebih banyak sehingga metabolisme mengalami gangguan.

Pencapaian puncak produksi pun mengalami keterlambatan. Di samping itu, pertumbuhan ayam menjadi terhambat, volume serta kualitas telurmenurun, telur mudah retak karena penipisan kerabang, dan produksi dapat mengalami penurunan hingga 20%. Bahkan, dapat menyebabkan kematian jika kondisinya sangat buruk. Bagi yang telah berpengalaman, biasanya peternak menambah pencahayaan waktu malam atau memberikan vitamin jika ada gejala kenaikan suhu kadang. Tujuannya agar ayam mengonsumsi pakan lebih banyak. Sebaliknya, suhu kandang juga harus dijaga agar tidak terlalu rendah. Apabila suhu terlalu rendah, akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang berakibat pada terganggunya kerja paru-paru.Suhu yang Mempengaruhi Produksi Ayam Petelur

Suhu harus dijaga agar tetap stabil. Perbedaan antara siang dan malam juga diatur agar tidak terlalu ekstrim. Hal ini dikarenakan perbedaan di atas 4o C dapat menyebabkan ayam mengalami stres.

Baca Juga:  Hati-hati, Jeroan Bisa Tingkatkan Kadar Kolesterol, Ini Buktinya!
loading...
loading...