Suka Belimbing? Kalian Wajib Tahu ini!


Pertanianku – Belimbing berasal dari Ceylon dan Maluku. Saat ini, buah ini banyak ditanam di wilayah Asia Tenggara, khususnya Malaysia dan Indonesia. Belimbing juga dapat ditemukan di Cina bagian selatan, Taiwan, dan India. 22 Kulit buahnya tipis transparan, mengilap seperti berlapis lilin. Ketika masih muda hijau, bila sudah masak warnanya kuning muda sampai kuning tua kemerahan. Panjang buah 5—15 cm, berbentuk bulat telur sampai bulat panjang, berusuk lima. Bila dipotong melintang, buah menyerupai bintang sehingga disebut juga star fruit atau star apple. Berdaging dan banyak mengandung air. Rasanya manis sampai asam. Bijinya kecil-kecil, jumlahnya bisa mencapai 12 buah. Warna biji putih kotor kecokelatan, pipih, bentuknya elips dengan kedua ujung meruncing. Jika Anda pencinta belimbing, hal berikut ini wajib untuk kamu simak dengan seksama:

  • Kandungan asam oksalat pada belimbing cukup tinggi sehingga penderita kencing batu (urolithiasis) sebaiknya tidak mengonsumsi karena memperparah rasa nyeri di pinggang. Kandungan asam oksalat yang tinggi pada belimbing juga dapat menyebabkan acute reversible nephrotoxic effects (efek keracunan ginjal akut yang pulih setelah konsumsi belimbing dihentikan).
  • Sejak zaman dahulu, belimbing biasa dikonsumsi untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Namun, penderita gagal ginjal kronis dengan kadar uremia tinggi yang sudah melakukan hemodialisis dapat mengalami cegukan (hiccups), kesadaran terganggu, dan kejang bila mengonsumsi belimbing. Kondisi ini bisa terjadi karena buah belimbing mengandung racun yang merangsang saraf (neurotoksik).
  • Orang sehat dianjurkan hanya mengonsumsi daging buah belimbing saja dan membuang biji serta bagian tengah buah yang keras. Hal ini disebabkan adanya indikasi bagian tengah buah dan biji belimbing yang mengandung racun (neurotoksik).
  • Belimbing selain kaya vitamin C, juga dapat mengatasi jerawat di wajah. Caranya cukup mudah. Ambil buah belimbing secukupnya lalu tumbuk halus dan dicampur dengan air garam lalu dioleskan pada bagian jerawat tiga kali dalam sehari.
Baca Juga:  Nutrisi Berlimpah dari Buah Pir Kurangi Risiko Kanker Usus
loading...
loading...