Suka dengan Tanaman Merambat? Inilah Tips Merawatnya


Pertanianku – Bagi Anda yang hobi berkebun pasti sangat tertarik dengan tanaman merambat untuk mempercantik tampilan taman rumah Anda bukan? Tanaman rambat memiliki banyak fungsi. Anda bisa menggunakannya untuk mempercantik carport, pergola, atau dinding halaman belakang rumah sehingga memberi kesan sejuk dan asri. Layaknya seperti tanaman lainnya, tanaman rambat pun butuh perhatian dan perawatan.

Tips Merawat Tanaman Rambat

Anda tentu tidak ingin tanaman rambat terlalu rimbun dan menjadi sarang ulat atau belalang dapat  merusak tanaman Anda yang lain. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk perawatan tanaman rambat.

  1. Singkirkan batang busuk

Jangan ragu untuk memotong daun dan batang yang terkena penyakit atau diserang hama. Segera singkirkan batang tersebut agar tidak menular ke batang lainnya. Bila perlu, pangkas habis hingga pangkalnya, dan hanya sisakan batang utama. Beberapa tanaman justru akan lebih cepat tumbuh kembali tunasnya jika batangnya dipotong.

  1. Semprot dengan antihama

Selama tanaman yang Anda tanam bukan untuk konsumsi, tak ada salahnya menggunakan pestisida, terutama jika ada ulat, belalang, semut, atau bekicot yang menempel pada daun serta batang tanaman. Tak perlu terlalu sering menggunakan pestisida, Anda cukup menggunakannya saat tanaman sudah menjadi tempat tinggal hama.

  1. Pangkas setiap bulan

Ranting dan dahan yang rusak sebaiknya segera dipangkas agar sinar matahari menjangkau batang yang ada di bagian dalam. Menjarangkan bagian tanaman juga memudahkan air hujan atau air siraman menembus seluruh bagian di dalamnya.

Tanaman pun menjadi lebih sehat dan subur sekaligus menghindari munculnya debu dan sarang laba-laba di bagian dalam tanaman. Pemangkasan juga mencegah batang di bagian dalam menjadi lembap. Jika sangat lembap, akan berisiko munculnya jamur.

  1. Cek keadaan ranting
Baca Juga:  Alasan Kenapa Bunga Edelweis Dilarang Dipetik

Buang seluruh ranting kering yang memenuhi pergola karena berisiko merobohkannya. Bila Anda menanam tanaman rambat di dinding, perhatian akarnya, jika terdapat akar yang terlalu besar, potong akar tersebut. Akar dan ranting yang besar akan merusak dinding dan menyebabkan dinding menjadi kotor. Ingat, memotong salah satu akarnya tidak akan membuat tanaman mati.

  1. Usahakan agar tetap berbunga

Bila Anda menggunakan tanaman rambat yang berbunga, misalnya bougenville, pangkaslah tanaman setelah masa berbunga selesai. Pemotongan ini akan merangsang munculnya cabang baru yang lebih banyak lagi. Cabang baru cenderung disertai pucuk-pucuk bunga baru.