Suka Konsumsi Kopi Luwak? Berarti Anda Beruntung!


Pertanianku – Apakah Anda salah satu penggemar kopi luwak? Seperti yang kita ketahui, kopi luwak merupakan salah satu kopi yang difermentasi oleh hewan luwak di dalam sistem pencernaannya. Mungkin sebagian orang akan jijik membayangkannya, karena kopi yang dipilih berasal dari kotoran luwak. Namun, jangan salah, hewan luwak hanya memakan biji kopi yang berkualitas tinggi saja. Keistimewaannya lagi, ternyata mengonsumsi kopi luwak memiliki segudang manfaat.

Lalu, apa saja manfaat mengonsumsi kopi luwak secara rutin?

Menurunkan risiko kanker payudara

Wanita yang sudah masuk menopause sangat besar terkena risiko terkena kanker payudara sehingga harus selalu menjaga kesehatan diri sendiri. Meminum 4 cangkir kopi luwak setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara hingga 38%. Sebab, kopi melepaskan phytoestrogen dan flavonoid, yaitu senyawa penahan pertumbuhan tumor/kanker.

Mencegah penumpukan batu empedu

Batu empedu terjadi karena terjadi penumpukan lendir pada kantung empedu, yang dalam waktu lama akan menjadi kristal-kristal keras. Kafein yang terdapat di dalam kopi luwak ternyata terbukti ampuh untuk mengurangi proses penumpukan lendir di dalam kantung empedu. Hal ini dikarenakan adanya stimulan sehingga bersifat diuretik alami yang dapat mempercepat pembentukan urine.

Mencegah diabetes

Penyakit diabetes termasuk jenis penyakit yang sangat banyak penderitanya. Salah satu upaya mencegah diabetes tidak menyerang adalah dengan mengonsumsi kopi luwak dengan rutin. Meminum 3—4 cangkir kopi luwak setiap hari, terbukti bisa menurunkan risiko terkena serangan diabetes.

Berdasarkan penelitian di Amerika, yaitu American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa kopi dapat menurunkan diabetes tipe-2, yang menurutnya kandungan zat yang terdapat pada kopi dapat membantu mengatur kadar glukosa dalam darah. Namun, perlu diingat juga bahwa dalam mengonsumsi kopi jangan terlalu banyak menggunakan gula. Sebab, gula yang berlebih akan mengurangi khasiat kopi untuk melawan diabetes.

Baca Juga:  Harga Madu Paling Mahal di Dunia Ini Bikin Melongo

Mengurangi risiko stroke

Dalam studi, juga diketahui bahwa kopi juga dapat bermanfaat untuk mengurangi terkenanya penyakit stroke walaupun orang tersebut diketahui berisiko terkena stroke. Sebuah studi yang dilakukan pada lebih dari 83 ribu wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang meminum dua sampai tiga cangkir kopi sehari, memiliki risiko terkena stroke 19 persen lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi.

Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama. Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Prancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari, dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

Menjaga kesehatan kulit

Khasiat kopi luwak yang tak kalah pentingnya adalah dapat menjaga dan melindungi kulit dari serangan kanker kulit. Mengonsumsi kopi luwak dengan rutin setiap hari sebanyak 2—5 cangkir dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker kulit hingga 17 persen. Zat kafein yang terdapat di dalam kopi luwak dapat membunuh sel kanker prakanker, dan juga dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Bagaimana, pasti setelah ini Anda semakin giat menikmati kopi luwak bukan?! Namun, perlu diingat, tidak disarankan terlalu berlebihan mengonsumsi kopi luwak ya, jika ingin mendapatkan manfaatnya secara optimal.

loading...
loading...