Suka Konsumsi Kulit Ayam? Sebaiknya Sekarang Hindari Ya

Pertanianku – Kulit ayam pasti menjadi favorit banyak orang? Salah satu bagian ayam ini dapat menggugah selera dan meningkatkan nafsu makan bagi siapa saja yang memakannya. Rasanya yang gurih dan crunchy membuatnya sangat sempurna.

Foto: pixabay

Namun, pertanyaannya apakah mengonsumsi kulit ayam aman untuk kesehatan?

Beragam olahan ayam memang mampu memanjakan lidah Anda, mulai dari sate ayam, ayam goreng, gulai ayam, chicken nugget, dan lainnya. Bagian ayam yang bisa Anda olah tidak hanya dagingnya saja, tapi juga kepala, ceker, leher, dan juga kulit ayam.

Loading...

Kendati enak, kulit ayam memiliki 132 miligram kolesterol per 100 gram. Selain itu, kulit ayam juga mengandung total lemak sebanyak 43,99 gram.

Berapa banyak lemak jenuh dan kolesterol yang Anda dapatkan pada daging ayam tergantung pada apakah Anda membuang kulit ayam, dan potongan bagian ayam mana yang Anda pilih dan makan.

Daging ayam bagian dada mengandung kolesterol dalam jumlah lebih sedikit, yakni sekitar 86 miligram per 100 gram.

Sementara, bagian paha bawah mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi, yakni 155 miligram. Sayap ayam mengandung 134 miligram dan paha atas mengandung 128 miligram. Namun secara umum, unggas tanpa kulit dan daging berwarna putih mengandung sedikit kolesterol dan lemak jenuh.

Daging dada ayam mengandung sedikit kolesterol, meskipun begitu cara memasaknya kerap memengaruhi kadar kolesterol tersebut. Daging dada ayam yang digoreng dengan tepung terigu mengandung 89 miligram, yang digoreng dengan adonan mengandung 85 miligram, dipanggang mengandung 84 miligram, dan direbus tanpa kulit mengandung 77 miligram. Terlihat perbedaannya, bukan?

Meski ayam biasanya dianggap sebagai pilihan daging yang rendah lemak, bagaimana cara memasaknya dapat membuat perbedaan yang besar. Misalnya saja, satu paha ayam dengan kulit ayam yang masih ada di atasnya memiliki lebih banyak lemak dan kolesterol dibandingkan dengan sebuah hamburger.

Baca Juga:  Pepaya Carmida Bagus untuk Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Tiap Hari

Tidak membuang kulit ayam pada daging ayam atau menggorengnya, ternyata dapat mengubahnya menjadi makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi.

Mengonsumsi kulit ayam terlalu berlebihan rupanya menjadi kabar tidak baik untuk Anda. Sebab, kulit ayam yang digoreng mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam lemak atau lipid di dalam darah Anda. Tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk terus membangun sel yang sehat.

Peningkatan kadar kolesterol dalam jumlah besar adalah salah satu faktor penyebab risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer. Kolesterol tinggi menyebabkan terjadinya penumpukan plak di dalam arteri yang mampu menurunkan aliran darah yang memengaruhi fungsi sel dan organ yang disuplai oleh pembuluh darah tersebut. Normalnya, kadar kolesterol pada seseorang adalah di bawah angka 200 mg/dL.

Selain mengandung kolesterol dan lemak, rupanya kulit ayam kerap mengandung bakteri. Bakteri tersebut di antaranya Campylobacter jejuni. Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit Campylobacteriosis yang merupakan penyakit menular. Hal ini disebabkan oleh bakteri dari genus Campylobacter.

Jadi, sebaiknya Anda menghindari kulit ayam jika ingin tetap sehat.

Loading...
Loading...