Suka Minum Susu Setelah Makan Ikan? Anda Perlu tahu Hal Ini


Pertanianku – Sejumlah kebiasaan manusia yang dilakukan selama ini ternyata tanpa sadar dapat menyebabkan bahaya bagi kesehatan. Terkadang, ada yang sarapan dengan mengonsumsi ikan dan minum susu. Meskipun keduanya baik dikonsumsi, apakah aman jika dikonsumsi secara bersamaan?

Foto: pixabay

Mengonsumsi ikan bersamaan dengan meminum susu sebaiknya tidak dilakukan. Ada efek kesehatan jika mengonsumsi keduanya secara bersamaan. Berikut efek kesehatan yang dapat terjadi sebagaimana melansir dari Times of India.

  • Menurut Ayurveda, Ilmu kesehatan yang berasal dari India

Konon, ikan adalah produk nonvegetarian, sedangkan susu meski merupakan produk hewani, dianggap sebagai vegetarian. Filosofi inilah yang dianggap tidak sesuai dalam segala hal oleh Ayuverda.

Studi menunjukkan bahwa konsumsi keduanya dapat menyebabkan reaksi kimia dalam darah yang menyebabkan pigmentasi kulit atau penyakit yang disebut leucoderma. Apalagi susu memiliki efek pendinginan pada tubuh, sedangkan ikan memiliki efek pemanasan.

Jika dikonsumsi bersamaan, hal ini bisa menyebabkan pelepasan energi yang berbahaya bagi tubuh dan memicu berbagai alergi.

  • Menurut filsafat ilmu pengetahuan

Hingga saat ini tidak ada bukti eksplisit bahwa kombinasi susu dan ikan berbahaya bagi tubuh manusia. Jika kita melihat tren makanan yang terus berubah, ada banyak makanan olahan (terutama Mediterania) dimana kombinasi yoghurt, ikan, dan susu digunakan. Dan, ahli gizi menganggapnya sangat bermanfaat untuk penyakit yang berhubungan dengan jantung dan otak.

  • Menurut perspektif kekebalan tubuh

Jika Anda minum susu setelah mengonsumsi ikan, ini berarti Anda menyantap dua makanan yang kaya protein sekaligus. Karena itu, Anda membutuhkan beberapa jenis cairan pencernaan, agar makanan ini mudah dicerna.

Jika tidak, Anda akan membuat keduanya sulit dicerna dan ini berdampak buruk pada sistem pencernaan dan kekebalan tubuh Anda.

Baca Juga:  Terbukti! Khasiat Jamu Kunyit untuk Pengantin Wanita

Jadi, mulai sekarang Anda wajib memperhatikan kandungan dan juga efek samping pada makanan yang dikonsumsi secara bersamaan ya.

loading...
loading...