Sukses Bisnis Berternak Entok Sambil Bertani


Pertanianku — Seorang petani haruslah pintar memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya. Jika Anda seorang petani, ada beberapa bisnis atau usaha menguntungkan yang bisa Anda lakukan tanpa meninggalkan lahan pertanian, yakni bisnis beternak entok.

bisnis beternak entok
Foto: Pixabay17

Entok merupakan salah satu unggas yang paling mudah perawatannya. Selain itu, cita rasa daging entok sangat khas dan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Sementara, kotoran entok bisa dijadikan pupuk kandang dan bokashi pengganti urea. Harga jual entok pun lebih tinggi dibanding bebek ataupun ayam.

Lalu, bagaimana caranya berbisnis entok yang menguntungkan? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Kandang entok yang sehat

Kenapa harus membuat kandang yang sehat? Agar perkembangan entok bisa terkontrol setiap saat, sebaiknya kandang entok dijauhkan dari keramaian agar entok bisa tenang. Sebab, dengan situasi yang tenang, entok mampu berproduksi dengan baik

  1. Pakan Entok

Selain kandang, pakan entok menjadi kebutuhan paling penting. Dengan pakan yang tepat, entok dapat tumbuh secara optimal. Agar gizi entok tercukupi, sebaiknya ikuti aturan pemberian pakan entok sesuai umur sehingga pertumbuhannya optimal.

Pakan entok umur 1—14 hari harus banyak mengandung protein. Anakan entok membutuhkan asupan protein kasar, energi, kalsium, fosfor, dan vitamin. Makanan seperti ini terdapat di dalam konsentrat starter atau biasa disebut pur.

Pakan entok umur 15—35 hari kebutuhannya lebih sedikit menurun dibandingkan saat awal entok menetas. Pada tahap ini anak entok lebih banyak membutuhkan energi. Berikan pakan berupa konsentrat yang sudah dicampur dengan dedak (bekatul), ampas tahu, jagung, dan lainnya.

Pakan entok umur 36—40 hari, pakan yang tepat untuk entok dewasa adalah pakan yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Pakan ini berfungsi menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh serta rangka entok tetap baik. Untuk jenis pakan ini cukup mudah didapat, kita hanya tinggal mengombinasikannya antara bekatul, menir, enceng gondok, keong, nasi aking dan lain-lain.

  1. Berikan vaksinasi
Baca Juga:  Cara Mengatasi Korisa (Snot) Pada Ternak Ayam

Walaupun daya tahan entok lebih baik daripada unggas lainnya, pemberian vaksin sangat dianjurkan agar lebih terjaga dari berbagai serangan penyakit.