Sukses Perbanyak Anakan Padi dengan Cara Ini


Pertanianku — Salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap hasil panen ialah anakan padi. Anda harus pintar mencari cara agar anakan padi dapat menjadi tanaman padi yang sangat produktif. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih bibit padi muda untuk ditanam. Bibit padi muda memiliki kualitas yang sangat bagus karena dapat mengurangi stagnasi.

anakan padi
Foto: Pixabay

Anda bisa memilih bibit yang berusia kurang lebih 10—15 HST (hari setelah tanam). Jangan lupa memberikan asupan yang bagus, yaitu pupuk nitrogen yang bisa Anda lakukan pada awal penanaman. Pupuk ini sangat berguna untuk mendukung pertumbuhan padi.

Selain itu, Anda juga harus memerhatikan kedalaman menaman padi. Usahakan jangan terlalu dalam, yaitu sekitar 1—2 cm. Cara penanaman padi yang benar akan memengaruhi produktivitas padi yang akan Anda hasilkan. Di samping itu, yang tidak kalah penting adalah pengairan. Untuk pengairan, tanaman jenis ini akan lebih baik jika tergenang.

Anda harus rajin mengairi sawah agar tidak kering karena jika kering akan mengurangi produktivitas padi. Anda bisa menggunakan varietas unggul, yaitu benih padi B3. Karena setiap jenis memiliki kemampuan untuk menghasilkan anakan tersendiri, Anda harus lebih jeli dan juga harus memerhatikan jarak tanam.

Usahakan tanah yang akan Anda tanami merupakan tanah subur agar dalam penanaman padi ini bisa lebih produktif dan bisa menggunakan sistem penanaman yang bagus dan tepat. Anda juga bisa memberikan pupuk organik yang padat agar kesuburan tanaman tetap terjaga.

Untuk jumlah pemberian pupuk, harus Anda sesuaikan dengan kondisi tanaman. Anda juga harus menjaga tanaman dari penyakit dan hama agar tidak menghambat pertumbuhan. Penyakit dan hama bisa menyebabkan kerusakan yang serius pada tanaman padi dan akan mengurangi produktivitas padi.

Baca Juga:  Tips Rahasia Meningkatkan Kualitas Hasil Pegomposan

Untuk menjaga kesuburan tanaman padi, Anda harus melakukan pembajakan yang benar agar tanah dalam keadaan baik pada awal penanaman. Anda juga bisa mendukungnya dengan menggunakan pupuk secara teratur agar kondisi tanah semakin subur dan bisa mengoptimalkan pertumbuhan tanaman padi.

Dengan anakan tanaman padi yang banyak, akan menguntungkan karena Anda juga memiliki kesempatan panen yang sukses. Dengan jumlah padi yang sangat produktif, bisa menjadi suatu bisnis yang sangat menjanjikan.