Sukses Tabulampot Plum di Dataran Rendah


Pertanianku — Meski jarang dibudidayakan di Indonesia, budidaya buah plum bisa menjadi prospek usaha yang menjanjikan. Buah plum tak hanya bisa ditanam di lahan yang luas. Buah plum ini juga bisa tumbuh dengan baik dalam pot ataupun polibag. Tabulampot plum ini bisa Anda tanam pula di daratan rendah.

Tabulampot plum
Foto: Pixabay

Sebenarnya, buah plum bukanlah tanaman asli Indonesia. Supaya budidaya yang Anda lakukan berhasil, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam menanam buah plum. Hal-hal tersebut misalnya persiapan bibit, penyemaian benih, penanaman, pemeliharaan, dan juga panen. Alangkah baiknya, Anda juga memahami syarat tumbuh bertanam buah plum yang baik.

Plum bisa ditanam pada daerah yang mempunyai dataran rendah. Hal ini dikarenakan jika ditanam pada daerah dataran tinggi sekitar 580 m dpl, tanaman plum akan menjadi kurang produktif. Selain itu, buah plum juga tak hanya bisa ditanam di lahan yang luas, tapi bisa tumbuh dengan baik dalam pot ataupun polibag.

Lakukan penanaman dengan cara mencangkoknya. Hanya dalam kurun waktu sekitar 1—2 bulan pascacangkok, bibit tanaman buah plum ini siap dipindahkan ke dalam pot. Adapun caranya ialah dengan mencampurkan tanah dengan pupuk kotoran hewan ternak, bisa kotoran sapi atau kambing, dengan perbandingan 1:1.

Penggunaan pupuk kandang ini dilakukan saat media tanam sudah menyusut. Selain melakukan pemupukan, dalam menanam buah plum dalam pot, Anda juga perlu melakukan penyiraman.

Tahap penyiraman ini bisa dilakukan sehari sekali apabila media tanam telah kering. Tabulampot buah plum dataran rendah ini sebaiknya diletakkan pada tempat yang terkena pantulan sinar matahari secara langsung. Dengan begitu, pertumbuhan buah plum akan lebih maksimal.

Apabila tanaman inangnya telah siap, bibit buah plum dapat Anda tanam. Bila dibudidayakan di lahan, perlu dibuatkan lubang penanaman dengan kedalaman 10—15 cm. Jarak tanam antarbibit buah plum sebaiknya sekitar 3 meter. Ketika diameter pohon mencapai 5—10 cm, plum sudah mulai berbuah. Buah plum baru benar-benar bisa dipanen ketika plum berusia sekitar 3 tahun.

Baca Juga:  Cara Memotong Buah Seperti Ini akan Mempertahankan Nutrisinya