Sukun Diolah Menjadi Tepung? Bagaimana Bisa?!


Pertanianku – Pernahkah Anda mengonsumsi buah sukun? Sukun biasanya dikonsumsi dengan cara diolah terlebih dahulu seperti dikukus ataupun digoreng. Sukun juga merupakan salah satu camilan yang dianggap menyehatkan. Namun, tahukah Anda jika sukun dapat diolah menjadi tepung?

Buah sukun memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Di beberapa tempat, buah ini dimanfaatkan sebagai makanan pokok. Bila dibakar, tekstur daging buah sukun menjadi empuk seperti roti. Oleh karena itu, orang Eropa menyebutnya sebagai buah roti. Dalam setiap 100 gram buah sukun terdapat 108 kalori, dimana di dalamnya terdapat 28,2 gram karbohidrat. Ada berbagai cara agar buah sukun bisa disimpan lebih lama, yakni dengan mengubahnya menjadi pasta atau tepung.

Dalam bentuk tepung, setiap satu kilogram sukun mengandung 302 kalori. Kandungan karbohidratnya tiga kali lipat lebih tinggi dibanding dalam keadaan segar.

Tidak banyak yang menganggap tepung sukun bisa dijadikan bahan baku makanan olahan. Padahal, pengolahan buah sukun menjadi tepung cukup sederhana. Berikut langkah-langkahnya:

  • Untuk membuat tepung sukun diperlukan buah yang memiliki tingkat kematangan kira-kira 10 hari sebelum matang sempurna. Tingkat kematangan buah memengaruhi warna tepung. Semakin tua buah, semakin putih warna tepung.
  • Kupas buah sukun dan potong-potong, kemudian rendam dalam air begitu buah dipotong. Jangan biarkan buah yang telah dipotong bersentuhan dengan udara terlalu lama karena buah sukun akan mengalami pencokelatan (browning).
  • Kukus buah sukun selama 10—20 menit. Pengukusan bertujuan menghilangkan enzim yang membuat warna buah sukun kecokelatan. Hal ini penting agar menghasilkan tepung yang putih.
  • Keringkan sukun dengan dijemur atau menggunakan mesin pengering. Pengeringan dengan sinar matahari pada cuaca cerah bisa berlangsung sekitar 2—3 hari. Pengeringan dengan mesin pengering membutuhkan waktu 5—6 jam pada suhu 55—60°C.
  • Setelah kering, sukun siap untuk digiling menjadi tepung. Rendeman pembuatan tepung sukun sekitar 10% dari bobot basahnya.
  • Setelah berbentuk tepung, sukun bisa disimpan lebih lama. Ada banyak olahan makanan yang bisa dibuat dari tepung sukun. Tepung ini bisa memperkaya makanan rasa dalam makanan tersebut. Hanya saja, untuk membuat beberapa jenis kue dan bolu tetap perlu mencampurnya dengan tepung terigu.
  • Selain memperkaya rasa, tepung sukun ini berfungsi sebagai pengurang bahan terigu.
Baca Juga:  Jangan Salah! Begini Cara Memilih Buah yang Baik
loading...
loading...