Sulap Daun Singkong Jadi Tempe

Pertanianku — Biasanya, tempe terbuat dari berbagai kacang-kacangan seperti kacang koro dan kedelai. Selain itu, rupanya ada bahan lain yang bisa diolah menjadi tempe, yakni daun singkong. Mungkin, sepintas tempe daun singkong terdengar aneh, pasalnya daun singkong lebih sering diolah menjadi menu sayur. Namun, sebenarnya, daun ubi kayu ini bisa Anda olah menjadi tempe dengan rasa yang lezat, bertekstur lembut, serta memiliki aroma khas.

tempe daun singkong
foto: Pertanianku

Berdasarkan hasil pengujian di Balai Riset dan Standarisasi Padang, Provinsi Sumatera Barat dan Laboratorium Fakultas Peternakan Universitas Andalas, tempe dari daun ubikayu ini  mengandung protein total sebesar 20–30%. Jumlah tersebut hampir serupa dengan kandungan protein di dalam susu yang mencapai 25% atau kedelai 35–34%. Selain itu, daun singkong diketahui mengandung vitamin A sebesar 11.000 IU dan vitamin C sebesar 275 mg.

Salah satu kendala pengembangan tempe daun singkong adalah penampilannya yang berbeda dari tempe umumnya. Tempe ini cenderung memiliki warna kehijauan.

Daun singkong yang akan diolah perlu direbus terlebih dahulu agar lunak. Setelah itu, daun dikeringkan dengan cara diangin-anginkan, kemudian taburi ragi tempe setelah dingin. Selanjutnya, daun singkong dibungkus. Pada dasarnya cara pembuatannya sama seperti pembuatan tempe umumnya. Proses fermentasi berlangsung selama 2–3 hari.

Pengolahan tempe berbahan dasar daun singkong merupakan solusi mengatasi jumlah daun singkong yang sangat banyak. Mengingat, singkong merupakan salah satu tanaman yang mudah tumbuh di Indonesia. Selain itu, tempe ini bisa menjadi bahan pangan yang bergizi dan enak sehingga bisa menyuplai kebutuhan gizi untuk orang Indonesia.

Untuk Anda yang tertarik membuat tempe daun singkong sendiri, berikut ini penjelasan cara pembuatan yang bisa diikuti.

  1. Siapkan daun singkong daun muda.
  2. Rebus daun singkong muda hingga teksturnya menjadi lembut.
  3. Tiriskan daun singkong hasil rebusan.
  4. Hamparkan daun singkong di atas daun pisang pembungkus, kemudian taburkan ragi tempe di atas permukaan daun singkong.
  5. Bungkus dan ikat.
  6. Diamkan selama 2–3 hari.
  7. Tempe daun singkong sudah siap dimasak.
Baca Juga:  Cara Efektif Mencegah Tungau Hama di Rumah Kumbung Jamur Tiram