Sulawesi Tenggara Berpotensi Jadi Kekuatan Pertanian Indonesia Timur

Pertanianku — Belum lama ini diadakan dialog “Sulawesi Tenggara Economic Briefing 2020” yang digelar di Hotel Century Park, Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Pada kesempatan tersebut Mentan menyampaikan bahwa Indonesia memiliki potensi yang berlimpah, termasuk di daerah Sulawesi Tenggara jika dioptimalkan dengan baik.

sulawesi tenggara
foto: pertanianku

“Saya kira untuk menjadi negara miskin sangat mustahil terjadi karena kita memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah. Terutama potensi di Sulawesi Tenggara yang tidak kalah dengan potensi apa pun di belahan dunia,” tutur Syahrul seperti dikutip dari laman Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Potensi sumber daya alam yang berlimpah seharusnya bisa diolah menjadi peluang bisnis yang bisa memajukan keadaan ekonomi masyarakat daerah. Dalam hal ini Mentan mengajak Pemerintah Daerah untuk lebih bersemangat membimbing masyarakat agar memiliki moralitas tinggi yang berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan hidup.

Loading...

Sumber daya alam tersebut bisa diolah menjadi sektor pertanian yang berpotensi untuk menunjang perekonomian daerah hingga nasional. Pertanian juga merupakan sektor yang cenderung paling stabil pada saat terjadi gejolak. Dengan begitu, jika dikembangkan secara optimal, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya, dapat menciptakan sektor pertanian yang baik.

“Sebab semua manusia memiliki ketergantungan pada sektor pangan untuk bertahan hidup. Tapi yang terpenting adalah, pemerintah harus mampu bereaksi adaptif dan berkomuniasi dengan rakyat. Kemudian pemerintah harus bisa mencari solusi terkait masalah yang ada dengan melibatkan rakyat,” kata Syahrul.

Untuk menunjang keberhasilan sektor pertanian di daerah tersebut, Mentan menyarankan Pemerintah Daerah untuk mengembangkan produksi aspal guna memperbaiki infrastruktur dan pertanian.

Potensi yang bisa dikembangkan dari Sulawesi Tenggara adalah karet. Komoditas ini mampu menjadi solusi yang mampu menangani kebuntuan ekonomi nasional yang bisa saja terjadi di masa yang akan datang.

Baca Juga:  Cold Storage Muara Baru Ekspor 367,63 Ton Ikan

Salah satu usaha pemerintah untuk membuat komoditas karet menjadi lebih cerah adalah penggunaan karet menjadi salah satu campuran aspal jalan. Dengan cara ini, diharapkan mampu menaikkan harga karet.

“Lewat kebijakan ini, saya berharap serapan dan pemanfaatan karet dari petani menjadi lebih maksimal. Jadi, nantinya karet kita tidak bergantung lagi pada harga karet luar negeri atau global, kita bisa pakai karet sendiri untuk keperluan masyarakat. Seperti itulah menyelesaikan masalah,” tutup Syahrul.

Loading...
Loading...