Sumatera Selatan Ekspor Satu Ton Belut ke Cina

Pertanianku – Belut merupakan salah satu komoditas yang cukup diperhitungkan. Bahkan, baru-baru ini Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan diversifikasi ekspor belut ke Cina sebanyak satu ton.

“Pada 2017 untuk pertama kali Sumatera Selatan mengekspor komoditas perikanan, yakni belut ke Cina. Ekspor dilakukan oleh Usaha Dagang atau UD Bandar Mina sebanyak satu ton belut ke Shanghai dan Guangzhou. Sebelumnya ekspor perikanan dari Sumatera Selatan didominasi komoditas udang,” kata Kepala Dinas Perdagangan Sumsel Permana, seperti melansir Republika (13/3).

Menurut Permana, UD Bandar Mina merupakan usaha kecil dan menengah yang menghimpun belut yang berasal dari beberapa daerah di Sumatera Selatan yang merupakan hasil tangkapan warga.

“Lalu oleh UD Bandar Mina belut tersebut dipasarkan untuk ekspor ke Cina,” ungkapnya.

Permana menjelaskan, selama ini komiditas belut asal Sumsel sudah lama diekspor, tetapi melalui Jakarta.

“Para pengumpul belut dari beberapa daerah lalu mengirim ke Jakarta dan baru diekspor. Kali ini UD Bandar Mina melakukan ekspor langsung ke Cina,” ujarnya.

Untuk ekspor Sumatera Selatan pada sektor perikanan selama ini didominasi ekspor jenis udang yang pada Januari 2017 nilai ekspornya mencapai 0,26 juta dolar AS.

Menurut Direktur UD Bandar Mina, dengan melakukan ekspor langsung dari Palembang ke Cina mampu memangkas biaya transportasi mencapai 50 persen. “Ini berarti bisa memperbesar margin bagi pengusaha. Harga belut di pasar internasional mencapai Rp84.000/kg dan dalam negeri Rp40.000/kg,” lanjutnya.

UD Bandar Mina dalam satu hari mampu mengumpulkan sebanyak 20 ton belut yang berasal dari berbagai daerah di kabupaten Provinsi Sumsel. Putu Sumardi mengakui potensi budidaya belut di Sumatera Selatan sangat besar dan bisa mengenjot perekonomian daerah.

Untuk mengembangkan budidaya belut menurut Permana, Dinas Perdagangan Sumatera Selatan akan menjalin kerja sama dengan PKK Sumatera Selatan. “Ketua PKK Sumsel Ibu Eliza Alex sudah mengusulkan dibuat program kampung belut pada beberapa daerah di Sumatera Selatan. Bersama PKK Sumsel Dinas Perdagangan akan melakukan sosialisasi dan pembinaan budidaya belut pada anggota PKK di desa-desa,” ujarnya.

loading...
loading...