Sumber Bahan Pakan Sapi Liomusin


Pertanianku – Ada beberapa macam sumber bahan pakan yang dapat diberikan pada sapi potong. Bahan pakan tersebut sangat penting bagi pertumbuhan sapi potong karena mempunyai kandungan zat makanan yang berbeda, bahkan kadang mempunyai dominansi kandungannya.

Kebutuhan Lokasi Beternak Sapi Limousin

1. Sumber energi

Bahan pakan sebagai sumber energi adalah bahan pakan yang kandunganserat kasarnya kurang dari 20% dan kandungan energinya lebih 2.250 kkal/  kg. Sumber pakan sebagai energi di antaranya:

  • kelompok serealia/biji-bijian (jagung, gandum, sorgum),
  • kelompok hasil sampingan serealia (limbah penggilingan),
  • kelompok umbi (ubi jalar, ubi kayu dan hasil sampingannya), dan
  • kelompok hijauan yang terdiri dari beberapa macam rumput (rumput gajah, rumput benggala, dan rumput setaria).

2. Sumber protein

Sumber bahan pakan berprotein bila memiliki kandungan protein kasar lebih dari 20%. Adapun sebagai sumber protein dapat ditemui pada bahan pakan sebagai berikut.

  • Kelompok hijauan sebagai sisa hasil pertanian yang terdiri atas jenis daun-daunan sebagai hasil sampingan (daun nangka, daun pisang, daun ubi jalar, ganggang, dan bungkil).
  • Kelompok hijauan yang sengaja ditanam (leguminosa), misalnya lamtoro, turi kaliandra, gamal, dan sentro.
  • Kelompok bahan yang dihasilkan dari hewan (tepung ikan, tepung tulang, dan sebagainya).

3. Sumber vitamin dan mineral

Hampir semua bahan pakan ternak, baik yang berasal dari tanaman maupun hewan mengandung beberapa vitamin dan mineral dengan konsentrasi sangat bervariasi. Saat ini bahan-bahan pakan sebagai sumber vitamin dan mineral sudah tersedia di pasaran bebas yang dikemas khusus berupa bahan olahan yang siap digunakan sebagai campuran pakan, misalnya premiks, kapur, Ca2PO4, dan beberapa mineral. Jika sumber pakan kurang memenuhi syarat, pakan sapi perlu ditambahkan kalsium fosfat sebanyak 15—30 g dan garam sebanyak 13—30 g per ekor per hari.

Baca Juga:  Fakta Baru! Lemak Susu Bisa Hindarkan Penyakit tak Menular

 

Sumber: Buku Beternak Sapi Limousin

 

loading...
loading...