Sumber Energi yang Harus Ada di dalam Pakan Itik

Pertanianku — Pakan merupakan asupan penting yang harus memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh itik agar bisa tumbuh dengan optimal. Salah satu nutrisi yang harus ada di dalam pakan itik adalah energi. Energi tersebut bisa didapatkan dari beberapa bahan seperti biji-bijian atau limbah pengolahan biji-bijian. Berikut ini beberapa sumber energi yang bisa dicampurkan ke dalam pakan itik.

pakan itik
foto: pertanianku

Sorgum

Kandungan energi di dalam sorgum hampir sama seperti jagung. Namun, di Indonesia masih jarang yang memproduksi sorgum sehingga menyulitkan peternak di beberapa daerah untuk menggunakannya. Produksi biji sorgum paling banyak terdapat di Jawa Tengah, khususnya Demak.

Loading...

Kandungan protein di dalam sorgum jauh lebih tinggi dibanding jagung dan mengandung sedikit xantofil. Jika digabungkan dengan bungkil kedelai, dapat menghasilkan suplemen yang baik untuk itik. Sorgum yang bisa digunakan adalah sorgum putih karena sorgum cokelat mengandung tanin yang tidak baik untuk itik.

Jagung kuning

Jagung merupakan sumber utama di dalam pakan itik karena mengandung energi yang tinggi, tidak mengandung zat antinutrien, mengandung banyak pati dalam bentuk amilopektin, dan tingkat kecernaannya tinggi. Namun, kadar protein di dalam jagung terbilang rendah, keseimbangan asam aminonya kurang baik, dan kandungan metioninnya tinggi.

Penggunaan jagung di dalam pakan harus dicampur dengan pakan lain untuk mendapatkan pakan yang lebih berkualitas.

Singkong

Singkong berpotensi menjadi sumber energi karena kandungan metabolismenya mencapai 3.400 kkal/kg. Namun, sama halnya dengan jagung, kandungan protein di dalam singkong rendah, yakni hanya sekitar  2—3 persen. Selain itu, penggunaan singkong di pakan itik harus dibatasi karena singkong mengandung sianogenik glukosida yang merupakan zat antinutrien.

Singkong yang akan digunakan harus diolah terlebih dahulu dengan cara dijemur untuk menghilangkan kandungan zat antinutrien.

Baca Juga:  Penyebab Produksi Ayam Petelur Menurun dan Panen Kurang Maksimal

Dedak padi

Dedak merupakan limbah dari penggilingan gabah. Kandungan energi di dalam dedak sebenarnya tidak terlalu tinggi, tetapi kandungan proteinnya cukup tingggi. Dedak merupakan sumber energi yang paling sering digunakan dalam pakan itik, meskipun penggunaannya harus dibatasi karena mengandung serat kasar yang tinggi dan zat antinutrien seperti asam fitat.

Loading...
Loading...