Sumber Protein untuk Ikan Lele

Pertanainku — Nilai utama dalam pakan lele adalah kandungan protein. Protein merupakan molekul kompleks yang terdiri atas asam-asam amino esensial dan nonesensial. Anda bisa menggunakan sumber protein hewan ataupun nabati. Meski esensial, Anda tidak boleh menggunakan bahan sumber protein secara berlebihan karena dapat menyebabkan penurunan pertumbuhan dan efisiensi pakan.

pakan lele
foto: Pertanianku

Tepung ikan

Tepung ikan menjadi sumber protein yang dianggap paling baik karena memiliki sederet asam amino esensial yang dibutuhkan oleh ikan. Berdasarkan riset, lele membutuhkan 10 asam amino esensial, seperti sistein dan tirosin.

Tepung ikan yang bagus dibuat dari ikan yang mengandung protein sebanyak 60–80 persen dan 80–95 persen dapat dicerna oleh ikan. Selain itu, tepung juga mengandung lisin dan metionin yang tinggi. Tepung ikan dapat digunakan sebagai bahan baku utama karena selain kaya protein, tepung juga kaya akan energi dan mineral, tingkat kecernaan tinggi, serta palatabilitasnya tinggi bagi sebagian ikan.

Kandungan lemak dari tepung ikan merupakan sumber energi berkualitas dalam rantai panjang polyunsaturated fatty acids (PUFAs) dengan essential fatty acids (EFAs) yang berperan sangat penting bagi ikan.

Tepung ikan juga dapat menjadi sumber mineral esensial, seperti kalium, fosfor, magnesium, dan trace elemens, serta aneka vitamin (vitamin B12, A, D3, Kolin, dan inositol).

Meskipun tepung ikan mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk ikan lele, tepung tidak boleh digunakan berlebihan karena kadar abunya tinggi sehingga dapat menyebabkan ketidakseimbangan mineral.

Tepung kedelai

Tepung kedelai juga sering digunakan sebagai sumper protein untuk pakan ikan. Tepung kedelai didapatkan dari proses pemindahan minyak dari soya beans. Protein kedelai juga mengandung asam amino esensial seperti arginin dan fenilalanin yang dibutuhkan oleh ikan.

Baca Juga:  Budidaya Udang Vaname Superintensif, Panen Dua Kali Lipat

Kandungan protein kasar di dalam tepung kedelai dapat mencapai 44 persen, bergantung pada kualitas kedelai yang digunakan. Kandungan protein tersebut bisa bervariasi karena tanah, pengolahan, serta kondisi cuaca dan musim selama masa pertumbuhan kedelai. Ikan lele bisa mengonsumsi pakan yang mengandung tepung kedelai di atas 50 persen.