Sumber Vitamin bagi Domba

Pertanianku — Vitamin berperan penting untuk kesehatan tubuh domba dan proses metabolisme. Ada banyak sumber vitamin bagi domba yang tersedia di alam dan bisa dijadikan sebagai campuran bahan pakan. Vitamin untuk ternak ruminansia dibagi menjadi dua, yaitu vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E, dan K) dan vitamin yang larut dalam air (B dan C).

sumber vitamin
foto: Pertanianku

Vitamin A

Vitamin A terbentuk dari provitamin A (karoten), biasanya terkandung di dalam umbi-umbian yang berwarna kuning dan butir-butiran hijau. Domba sangat rentan mengalami kekurangan vitamin A pada musim kemarau panjang karena hijauan yang diberikan cenderung dalam bentuk kering atau karena ternak diberikan hijauan yang sudah tua.

Umumnya hijauan segar mengandung banyak karoten, begitupun dengan hijauan yang berada di lapangan penggembalaan dan silase. Kandungan karoten tersebut dapat berkurang drastis jika pakan disimpan terlalu lama. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan tingkat kesuburan domba menurun, keguguran, sakit mata, badan kurus, diare, dan mandul.

Pakan hijauan yang berwarna hijau memiliki provitamin A. Kandungannya lebih tinggi pada hijauan yang dipanen saat masih muda.

Vitamin B

Pada vitamin B yang meliputi B1, B2, B6, dan B12 dibentuk di dalam tubuh ruminansia sehingga kemungkinan defisiensi vitamin B sangat kecil, kecuali jika ternak kekurangan pakan. Semua pakan hijauan dapat menjadi sumber vitamin yang baik. Bagi anak domba, air susu juga menjadi sumber vitamin B kompleks yang sangat penting.

Vitamin D

Vitamin D berguna untuk melancarkan proses metabolisme dan mengatur keseimbangan penggunaan unsur Ca dan P di dalam tubuh, terutama untuk pembentukan tulang. Vitamin D bisa dibentuk di dalam tubuh dengan bantuan sinar matahari karena di bawah kulit terdapat provitamin D yang dapat terbentuk menjadi vitamin D jika domba terkena matahari.

Baca Juga:  Jenis Domba Asal Luar Negeri yang Ada di Indonesia

Domba di daerah tropis memiliki kemungkinan yang kecil mengalami defisiensi vitamin D karena domba bisa mendapatkan matahari pagi selama 1 sampai 2 jam, terutama pada pukul 07:00 hingga 09:00.