Sumber Zat Esensial untuk Pakan Ayam

Pertanianku — Pertumbuhan ayam sangat bergantung pada pakan yang diberikan. Pakan ayam bisa dibuat sendiri dari campuran berbagai macam bahan baku. Proses pencampuran tersebut harus dilakukan dengan memerhatikan kandungan gizinya agar nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam dapat terpenuhi dengan baik. Berikut ini bahan-bahan pakan ayam yang mengandung zat esensial yang bagus untuk pertumbuhan ayam.

pakan ayam
foto: Pertanianku

Karbohidrat

Karbohidrat berguna untuk menghasilkan energi dan panas. Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan proses metabolisme tubuh ayam menjadi terhambat dan ayam menjadi lemas tidak bertenaga. Karbohidrat bisa didapatkan dari bulgur, jagung, beras, catel, kedelai, atau bekatul.

Protein

Protein berguna untuk membentuk dan mendukung pertumbuhan jaringan tubuh, seperti urat, daging, kulit, dan enzim. Protein juga diperlukan dalam proses pembentukan telur. Kekurangan protein akan menyebabkan pertumbuhan ayam menurun.

Sebagian besar kacang-kacangan bisa dijadikan sebagai sumber protein, seperti kacang tanah, kacang kedelai, kacang hijau, dan bungkil kacang. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tepung daging, tepung cacing, tepung ikan, tepung bekicot, tepung darah, tepung tulang, tepung kepiting, dan bungkil kelapa sawit.

Lemak

Lemak merupakan sumber tenaga dan berguna untuk melarutkan beberapa jenis vitamin, seperti vitamin A, D, E, dan K. Lemak bisa didapatkan dari kacang tanah, bungkil kelapa, dedak halus, kacang kedelai, bungkil kacang kedelai, bungkil kacang tanah, tepung ikan, dan tepung daging.

Vitamin

Vitamin berguna menunjang pertumbuhan dan kesehatan hewan serta melancarkan proses metabolisme tubuh. Vitamin didapatkan dari sayuran hijauan, jagung, biji-bijian, minyak hati ikan, tepung ikan, dedak atau bekatul.

Mineral

Mineral berfungsi mendukung pertumbuhan tubuh ayam. Kekurangan mineral menyebabkan gangguan dalam proses pertumbuhan. Mineral dipenuhi dari biji-bijian, bungkil, tepung tulang, garam dapur, kulit kerang, dan tepung daging.

Baca Juga:  Kesalahan yang Sering Terjadi pada Penanganan Hewan Kurban

Limbah restoran

Anda bisa menggunakan limbah restoran sebagai bahan campuran pakan ayam karena di dalam limbah terdapat kandungan protein, mineral, serat kasar, lemak, dan energi metabolisme. Limbah restoran yang akan digunakan harus dibersihkan terlebih dahulu dari benda-benda asing yang berbahaya bagi ayam. Penggunaan limbah restoran dapat menghemat pengeluaran peternak ayam yang berada dekat dari restoran.