Sunion, Bawang yang Tak Bikin Nangis


Pertanianku — Bicara soal bawang, kini ada penemuan bawang yang tak bikin nangis, yaitu sunion. Selain tak bikin mata pedas atau menangis, sunion juga dipercaya memiliki rasa yang lebih manis, tekstur yang lebih renyah, dan rasa lebih enak dibanding bawang pada umumnya.

bawang yang tak bikin nangis
Foto: Pixabay

Ketika Anda memotong bawang biasa, bawang tersebut melepaskan senyawa volatif yang disebut lachrymatory-factor synthase. Saat senyawa itu menyentuh mata Anda, tubuh akan menghasilkan air mata untuk mengurangi iritasi.

Pada umumnya, tingkat senyawa volatil yang terkandung di dalam bawang bombay membuat rasa bawang jadi lebih tajam dan bikin nangis. Akan tetapi, senyawa volatil yang terkandung di dalam sunion justru membuatnya terasa lebih manis, ringan, dan tidak bikin nangis.

Dilansir dari laman odditycentral, sunion merupakan bawang yang telah diteliti oleh sejumlah ilmuwan di dunia dan terus dikembangkan sehingga benar-benar tidak bikin mata pedas.

Pengembangan bawang ini sendiri tidak dilakukan dengan modifikasi genetik melainkan dengan pembiakan silang alami. Para ilmuwan sedikitnya memakan waktu selama 30 tahun untuk meneliti dan menemukan varietas bawang ini.

Sunion pertama kali mulai dikembangkan oleh para petani dan ilmuwan di Amerika Serikat (AS) pada 1980-an. Namun saat ini, sunion juga bisa ditemukan di Nevada dan Washington.

Masa panen sunion berkisar akhir musim panas dan awal musim gugur di wilayah setempat dimana ia ditemukan. Bawang yang tidak bikin nangis tersebut rencananya akan diperjualbelikan mulai awal tahun ini, tergantung pasokan dari produsen atau petani setempat.

Sayangnya, sunion tidak bisa didapat dengan mudah karena hanya tumbuh di Washington dan Nevada. Namun Anda jangan khawatir, sunion akan ada di toko, warung kelontong ataupun supermarket dalam beberapa tahun ke depan karena semakin banyak orang yang mempelajarinya.

Baca Juga:  Pemerintah Targetkan Lampung Jadi Lumbung Udang Nasional

“Petani sunion saat ini bekerja dengan tekun dengan mencari lokasi terbaik untuk menawarkan produk inovatif ini di seluruh negeri,” kata juru bicara petani seperti dikutip dari Liputan6.com.

Sunion pun menjadi bawang pertama tanpa air mata di dunia.

loading...
loading...