Suplemen yang Bisa Ditambahkan ke Pakan Ayam

Pertanianku — Suplemen berguna untuk memenuhi seluruh nutrisi yang dibutuhkan. Ada beberapa suplemen yang bisa ditambahkan ke pakan ayam. Penambahannya harus disesuaikan dengan tujuan yang digunakan agar tidak salah dalam menggunakan jenis suplemen. Berikut ini beberapa jenis suplemen yang bisa ditambahkan ke pakan ayam.

pakan ayam
foto: pertanianku

Pellet binder

Pellet binder merupakan pengikat pelet yang digunakan dalam formulasi pakan untuk menghasilkan kualitas pelet yang baik dan tidak mudah pecah atau terurai. Pengikat pelet pada umumnya berbahan dasar jagung dan bungkil kedelai, salah satunya adalah CMC. Ada dua jenis pengikat pelet yang biasa digunakan, di antaranya lignosulfonate dan colloidai.

Enzim

Enzim ditambahkan ke pakan ayam dan berfungsi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan pakan. Ada beberapa macam enzim yang bisa digunakan. Misalnya, enzim pitase yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan baku pakan yang mengandung pitat tinggi seperti dedak padi. Dengan menambahkan enzim tersebut, pemanfaatan mineral fosfor akan lebih maksimal.

Selain itu, ada beberapa jenis enzim lainnya yang sering digunakan seperti β-glucanase dan lipase.

Antibiotik

Sebenarnya, penggunaan antibiotik di pakan cukup kontroversial karena penggunaannya dapat menyebabkan adanya residu yang tertinggal di dalam tubuh ayam. Namun, sebenarnya penggunaan antibiotik dalam dosis serta waktu yang tepat sangat dianjurkan. Antibiotik masih bisa diberikan pada ayam dua minggu sebelum dipanen untuk menghindari adanya residu dalam daging atau telur.

Penggunaan antibiotik dalam jumlah kecil dapat memacu pertumbuhan dan meningkatkan efisiensi pakan. Antibiotik yang sering digunakan adalah ZN-bacitracin.

Probiotik

Probiotik digunakan untuk merangsang pertumbuhan bakteri yang bermanfaat dan menghambat pertumbuhan bakteri patogen. Pada dasarnya probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang dimasukkan ke saluran pencernaan ayam. Probiotik memproduksi laktat yang mampu mengubah pH usus, memproduksi senyawa mirip antibiotik, dan mengurangi pelepasan toksin.

Baca Juga:  Penyebab Kerugian Beternak Ayam Kampung yang Tidak Bisa Dikendalikan

Karatinoid

Karatinoid merupakan pigmen yang biasa ditambahkan ke pakan ayam untuk memberikan warna pada kuning telur, lemak, dan kulit ayam agar lebih disukai oleh konsumen.

Antijamur

Bahan pakan mudah ditumbuhi oleh jamur jika disimpan dalam jangka waktu yang lama. Jamur tersebut sangat berbahaya jika ikut dikonsumsi oleh ayam. Peternak bisa menggunakan antijamur yang dicampur ke bahan pakan.

 


loading...