Susah BAB Akibat Kebanyakan Makan Salak, Mungkinkah?


Pertanianku – Hingga kini masih banyak orang berpendapak bahwa mengonsumsi buah salak dapat menyebabkan sembelit atau susah buang air besar (BAB). Hal ini seolah telah menjadi mitos sejak dulu sehingga membuat masyarakat sedikit ragu jika ingin mengonsumsi salak. Padahal, jika dilihat dari kandungannya, buah asli Indonesia ini sangat kaya akan nutrisi.

Foto: pixabay

Sebenarnya, benarkah buah satu ini dapat memicu seseorang untuk sulit BAB?

Yang perlu Anda ketahui adalah faktanya penyebab sulit BAB bukan dipicu karena mengonsumsi salak. Pasalnya, mitos tersebut tidak terbukti dan belum ada penjelasan ilmuan yang mengatakan bahwa mengonsumsi salak menyebabkan sembelit.

Mengonsumsi salak justru bisa melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan Anda. Jadi, jangan takut makan salak.

Menurut ahli gizi dan olahraga Jansen Ongko, M.Sc., RD., Anda justru sebaiknya mengonsumsi salak bersama dengan kulit arinya. Pasalnya, baik daging maupun kulit ari salak sama-sama mengandung nutrisi yang baik buat pencernaan.

Sembelit sendiri tidak disebabkan oleh konsumsi buah-buahan. Yang bisa menyebabkan sembelit antara lain susu dan produk olahannya, makanan yang tinggi lemak dan gula, kurang serat, kurang minum air, serta minuman beralkohol dan berkafein.

Salak justru baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena daging buah dan kulit ari salak tinggi akan kandungan serat dan tanin.

Serat dari tumbuhan akan mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa, racun, dan kandungan lainnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh Anda. Salak justru bisa jadi penyelamat saat Anda mengalami sembelit.

Jadi, jangan takut lagi untuk mengonsumsi salak ya!

Baca Juga:  Yuk, Kenali 5 Tanaman Hias yang Membersihkan Udara di Rumah
loading...
loading...