Susu Kacang Polong Diprediksi Jadi Tren


Pertanianku — Susu kini tak hanya yang berasal dari hewan seperti sapi, kambing, atau unta. Lebih dari itu, beragam jenis susu tercipta dari bahan lain seperti susu kelapa, susu kedelai, susu gandum, dan susu kacang polong. Menariknya, susu kacang polong diprediksi bakal jadi tren di masa depan.

susu kacang polong
Foto: Shutterstock

Mengapa demikian?

Menurut Whole Foods, susu kacang akan menjadi tren susu yang besar. Susu kacang ini terbuat dari kacang polong dan berwarna krem. Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kacang ini memiliki jumlah protein yang sama. Hanya saja, susu kacang mengandung gula yang lebih sedikit yakni setengah kali susu sapi dan sepertiga dari lemak jenuh susu sapi.

Susu kacang juga mengandung 50 persen kalsium lebih banyak ketimbang susu sapi. Satu gelas susu kacang mengandung sekitar 8 gram kalsium. Jumlah ini sama dengan delapan kali lipat susu almond. Selain itu, karena terbuat dari kacang polong, susu ini bebas dari produk hewani sehingga dapat jadi alternatif baru pilihan susu, terutama para vegetarian.

Dari sisi keberlanjutan lingkungan, susu kacang polong juga dinilai lebih baik ketimbang susu almond. Menanam pohon almond membutuhkan air 100 kali lebih banyak dibandingkan kacang polong.

Dikutip dari Metro, produk susu kacang polong sudah banyak beredar di Amerika Serikat beberapa waktu terakhir. Di Inggris, produk susu kacang polong pertama akan diluncurkan tahun ini. Diperkirakan susu ini juga akan segera masuk ke Asia, termasuk Indonesia.

Selain rasa original kacang polong, susu kacang polong juga tersedia dalam beberapa rasa seperti vanila, cokelat, dan tanpa pemanis.

Baca Juga:  Cara Membuat Keripik Bayam Kriuk yang Menyehatkan