Susu yang Bagus untuk Cempe Kambing

Pertanianku — Kematian pada cempe (anak kambing) yang baru saja dilahirkan cukup sering terjadi akibat salah penanganan. Peternak harus memberikan kebutuhan cempe kambing dengan baik agar pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik. Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi adalah susu.

cempe kambing
foto: pertanianku

Saat baru dilahirkan, cempe membutuhkan susu kolostrum yang berasal dari induk. Kolostrum tersebut sudah diproduksi di dalam ambing saat akhir masa kebuntingan. Kolostrum tersebut mengandung antibodi dan nutrisi seperti energi, vitamin, serta protein yang tinggi.

Kolostrum berperan sangat penting untuk cempe kambing yang baru dilahirkan. Kolostrum bisa berfungsi untuk membantu mengeluarkan mukus yang melapisi saluran cerna. Mukus tersebut bisa menghalangi penyerapan nutrisi yang dikonsumsi.

Loading...

Kolostrum juga berfungsi sebagai sumber energi bagi cempe. Hal ini dikarenakan kandungan lemak yang cukup tinggi. Lemak tersebut sangat bermanfaat bagi cempe yang memiliki cadangan energi relatif rendah.

Fungsi penting terakhir dari kolostrum adalah protektif. Kolostrum mengandung senyawa antibodi yang berfungsi melindungi cempe dari berbagai penyakit. Sistem imun cempe baru berkembang dengan baik ketika sudah berumur tiga minggu. Hal inilah yang menyebabkan kematian pada cempe yang baru lahir cukup tinggi.

Namun, ada beberapa kasus yang bisa ditemui oleh peternak, seperti air susu induk yang tidak mencukupi atau bahkan air susunya tidak keluar sama sekali dan kematian pada induk. Jika kondisinya demikian, cempe harus mendapatkan susu pengganti yang berasal dari induk pengganti yang sedang menyusui juga.

Sebenarnya, peternak juga bisa menggunakan susu sapi segar. Namun, kalau peternak masih kesulitan untuk mendapatkan susu pengganti, peternak bisa menggunakan susu buatan yang dicampur dari beberapa bahan.

Formula susu campuran tersebut adalah susu bubuk 0,5 liter, minyak ikan 1 sendok teh, telur ayam 1 butir, dan gula pasir 0,5 sendok teh. Atau, formula lainnya adalah susu murni 200 gram, susu skim 200 gram, gula pasir 100 gram, dan minyak ikan 1 sendok teh.

Baca Juga:  Vaksin Herbal untuk Ayam Buras

Susu pengganti tersebut bisa diberikan kepada cempe sebanyak 2—3 kali dalam sehari. Berikan secara rutin agar cempe bisa tumbuh dengan baik.

 

Loading...
Loading...