Kriteria Induk Betina Kambing dan Domba Yang Baik


Pertanianku – Pemilihan calon induk betina bertujuan agar hasil anakan yang diperoleh memiliki sifat-sifat yang baik. Berikut adalah beberapa persyaratan dalam memilih calon induk.

Syarat Calon Induk Betina Kambing dan Domba

a) Ukuran badan besar, tetapi tidak terlalu gemuk. Bentuk tubuhnya kompak, dada dalam dan lebar, garis punggung dan pinggang lurus. Bulunya bersih dan mengilap.

b) Keempat kakinya lurus dan terlihat kokoh serta tumit tinggi.

c) Tidak ada cacat di bagian tubuhnya, misalnya di telinga, mulut, ekor, atau hidung. Selain itu, mata tidak rabun atau buta yang dapat dicek dengan mendekatkan jari pada mata. Kalau tidak ada kedipan, berarti ternak tersebut buta atau rabun.

d) Bentuk dan ukuran alat kelamin normal, ambingnya tidak terlalu menggantung, isinya kenyal, tidak terinfeksi, serta puting susu berjumlah dua dengan ukuran dan posisi simetris. Umur lebih dari satu tahun dan telah mengalami birahi sebelum umur satu tahun. Mempunyai sifat keibuan yang terlihat dari tingkat kejinakan ternak dan sorot mata yang ramah.

e) Berdasarkan buku catatan, pilih domba yang lahir kembar atau kelahiran tunggal yang berasal dari induk muda dan mempunyai pertumbuhan yang baik.

f ) Jumlah gigi dipilih yang lengkap dengan rahang atas dan rahang bawah rata. Tujuannya agar induk dapat memamah biak dengan baik.

 

Sumber: Buku Teknik Pembibitan Kambing dan Domba

 

Baca Juga:  Cara Mengatasi Ayam Ngorok dengan Metode Tradisional
loading...
loading...