Syarat Induk Itik yang Bagus untuk Dikawinkan

Pertanianku— Tidak semua induk itik menghasilkan telur tetas unggul. Oleh karena itu, peternak perlu melakukan seleksi calon induk jantan dan betina terlebih dahulu. Meskipun setelah itik bertelur akan dilakukan seleksi telur kembali agar benar-benar mendapatkan telur yang berkualitas.

induk itik
foto: Pertanianku

Telur tetas yang bagus kemungkinan besar bisa tumbuh menjadi DOD (day old duck) jika perlakuan telur tetas yang dilakukan sudah tepat. Telur tetas itik perlu dimasukkan ke mesin tetas yang hampir sama seperti mesin tetas telur ayam.

Selain seleksi, peternak juga wajib melakukan pencatatan harian sebagai bahan keputusan untuk menentukan apakan induk itik tersebut bagus digunakan atau tidak. Berikut ini beberapa syarat induk itik jantan dan betina yang bagus untuk Anda kawinkan.

Induk jantan

Induk itik jantan yang sebaiknya digunakan sudah berumur 20 minggu dengan berat badan 1,6 kg atau sudah berumur 40 minggu dengan berat badan sekitar 1,8 kg.

Induk yang akan digunakan sudah harus menunjukkan ciri-ciri birahi agar proses perkawinan bisa terjadi. Jika induk masih belum birahi, proses perkawinan kemungkinan besar mengalami kegagalan. Induk jantan yang telah birahi ditandai dengan sifatnya yang seperti suka mengawini itik lain.

Pilih induk jantan yang sudah mengalami pertumbuhan penis secara sempurna dan terlihat lebih menonjol dari kloakanya.

Induk betina

Betina yang sebaiknya digunakan sudah berumur 20 minggu dengan berat badan 1,4 kg atau berumur 40 minggu dengan berat badan 1,6 kg. Pilihlah betina berkaki kuat dan lincah, serta memiliki sayap yang mengatup simetris rapat dengan tubuhnya dan tidak bergerak jika sedang berjalan.

Betina yang bagus ditandai dengan tampilan kepala yang bersih dan perbandingan antara kepala dan lehernya terlihat proporsional.

Baca Juga:  Tips Membuat Sirkulasi Udara di Dalam Kandang Ayam Berjalan Sempurna

Induk betina yang dipilih sebaiknya memiliki tulang panggul besar dan tulang pangkal sayap yang menonjol. Jika diraba pada bagian berut dan tulang bagian pinggul akan terasa dalam dan penuh. Bagian perut induk betina yang bagus tidak akan sampai menyentuh tanah.


loading...