Syarat Kandang yang Ideal untuk Ayam Petelur

PertaniankuKandang ayam petelur yang ideal dapat membuat ayam nyaman untuk tumbuh dan berkembang di dalam kandang. Ada beberapa persyaratan umum dalam pembuatan kandang ayam petelur yang ideal, simak ulasan berikut ini.

kandang ayam petelur
foto: Pertanianku

Lokasi, tempat, atau lahan bangunan kandang

Tempat yang dipilih untuk membangun kandang harus lebih tinggi dibandingkan dengan kompleks perumahan atau lingkungan sekitar. Hal ini berguna untuk membuat kandang dalam keadaan tetap kering dan menghindarkan kandang dari genangan air yang datang ketika musim hujan. Jika harus terkena genangan air, pastikan air dapat mengering dan surut dengan cepat.

Lokasi kandang harus jauh dari gudang yang digunakan untuk menyimpan hasil pertanian karena tempat tersebut sering disambangi tikus yang berpotensi dapat menyerang ayam di dalam kandang. Pastikan di daerah kandang tidak terdapat pohon besar karena bisa menghalangi datangnya cahaya matahari dan bisa menjadi tempat ular atau hama yang mengganggu bersembunyi.

Bentuk bangunan kandang

Bentuk kandang ayam yang digunakan sebaiknya adalah kandang panggung dengan alas yang terbuat dari bilah bambu atau kayu. Jarak antarbilah yang bisa digunakan ialah 1—2 cm. Hal tersebut berfungsi membuat kotoran ayam jatuh ke lantai kandang sehingga tidak akan terjadi penumpukan kotoran di dalam kandang.

Bangunan kandang sebaiknya menghadap ke arah timur agar ternak di dalam kandang bisa mendapatkan sinar matahari pagi. Sinar matahari sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ayam dan membantu ayam untuk mendapatkan vitamin D.

Berikan tirai di sekeliling kandang untuk menghindari tiupan angin kencang ketika cuaca sedang tidak bagus. Tirai yang digunakan bisa berupa karung plastik atau terpal.

Konstruksi bangunan kandang

Alat yang digunakan di dalam kandang ataupun di luar kandang harus mudah dibersihkan. Ventilasi kandang harus baik agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar, dan bagian dinding kandang harus dibuat terbuka dengan menggunakan kawat atau bilah-bilah bambu.

Baca Juga:  Kenali Gejala dan Pengendalian Penyakti Antraks pada Hewan

Alas kandang terbuat dari tanah atau semen yang tertutup dengan campuran pasir kering, sekam, dan kapur.

 


loading...